Warga Non-Muslim Sumbang Logistik Untuk Peserta Demo 2 Desember

Demo 2 Desember tak hanya diikuti oleh organisasi massa (ormas) berbasis Islam semata. Warga non-Muslim pun turut serta dalam aksi damai itu.

Meski tak ikut dalam aksi, namun warga non-Muslim itu turut memberi logistik ke masjid-masjid di Jakarta.

“Mereka sendiri yang mengaku, ‘kami non-Muslim’ katanya, mereka menyerahkan berbagai bantuan untuk umat yang aksi,” ujar Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam pada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Para donatur non-Muslim ini, kata Abu, tak mau mengungkapkan identitasnya. Namun, pihak Istiqlal menjamin, semua sumbangan yang mereka berikan akan dikelola dengan baik. Sebab, tak mungkin ditolak oleh pengurus Istiqlal.

“Tapi, kami tegaskan kembali, kami bukan panitia aksi dan tak terlibat (demo 2 Desember), kami murni melayani umat yang datang ke sini (Istiqlal),” lanjut Abu.

Bantuan yang paling banyak diterima Abu, adalah makanan dan minuman. Saat ini sudah 1.000 dus minuman dan biskuit yang diterima Masjid Istiqlal dari para donatur. Sumbangan itu, menurut Abu, akan dibagikan pada peserta demo.

“Dari berbagai sumber (donatur), ada perorangan, kelompok, perusahaan hingga komunitas non-Muslim juga ikut berdonasi,” terang Abu.

Namun, meski dapat banyak sumbangan, Abu mengimbau masyarakat dan peserta aksi untuk tak memaksakan diri menginap di Masjid Istiqlal. Sebab, Masjid Istiqlal tak mempunyai tempat serta fasilitas untuk menampung ribuan orang.

“Kalau di masjid-masjid lainnya, ada yang memberikan selimut, tempat tidur, kasur dan fasilitas lainnya. Kalau kami, tak punya itu, hanya saja tempat kami lebih luas,” kata Abu.

Namun, jika masyarakat dan peserta aksi tetap ingin menginap di Masjid Istiqlal, Abu berjanji tak akan ada yang mengusir dan mengganggu umat yang sedang beristirahat.

“Hanya saja, jangan tidur di karpet merah yang digunakan untuk salat, silahkan tidur dan istirahat di pelataran, dan tempat lainnya,” ucap Abu.

Hingga saat ini sudah 500 lebih peserta demo 2 Desember yang tengah beristirahat di sekitaran Masjid Istiqlal. Abu mengatakan, jumlah itu akan terus bertambah. Sebab, tadi siang beredar informasi di kalangan pendemo, bahwa peserta demo dari daerah Sumatera sudah memasuki wilayah Tangerang dan akan menuju Masjid Istiqlal.

“Kita siap tampung, dengan fasilitas yang seadanya, kami menyarankan untuk ke masjid-masjid yang siap memberikan fasilitas,” kata Abu.

(sumber:Liputan6)