Unjuk Gigi di Jerez, Juara WSBK Taklukkan Rossi

Hari kedua uji coba di Sirkuit Jerez, Spanyol, Kamis (24/11/2016), menjadi momen yang membahagiakan bagi Jonathan Rea. Pembalap World Superbike (WSBK) yang memperkuat Kawasaki itu menorehkan catatan mengesankan.

Uji coba di Sirkuit Jerez tak dijalani semua pembalap MotoGP. Para pembalap top MotoGP 2016 seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Maverick Vinales memilih untuk absen pada tes tersebut.

Namun, uji coba yang berlangsung pada 23-25 November 2016 itu tetap menarik untuk disimak. Pasalnya, para pembalap WSBK juga ambil bagian. Pada Rabu (23/11/2016), pembalap Avintia Racing, Hector Barbera, menjadi yang tercepat. Namun, uji coba hari kedua menjadi milik pembalap yang berbeda.

Adalah Jonathan Rea, juara WSBK 2016, yang unjuk gigi. Ia mencatatkan waktu terbaik, yakni 1 menit 38,721 detik. Ia unggul 0,225 detik atas Alvaro Bautista, pembalap Aspar. Bahkan, catatan waktu Rea mengalahkan torehan yang diukir Rossi saat merebut pole position MotoGP Spanyol 2016.

Kala itu, The Doctor merebut posisi terdepan setelah menorehkan waktu 1 menit 38,736 detik. Namun, Rea masih belum bisa mengalahkan rekor terbaik Sirkuit Jerez atas nama Lorenzo. Pada MotoGP Spanyol 2015, Lorenzo sempat mencatat lap terbaik 1 menit 37,910 detik.

Tes Privat

Rossi sendiri sedang fokus menjalani tes privat bersama Yamaha di Sirkuit Sepang, Malaysia. Setelah hari pertama dikuasai Maverick Vinales, pembalap berusia 37 tahun itu dilaporkan menjadi yang tercepat pada hari kedua.

Sekadar catatan, Yamaha memutuskan untuk tak mengumumkan catatan waktu mereka dalam tes tersebut. Ini dilakukan agar rahasia kekuatan dan keunggulan motor-motor mereka tidak diketahui para rival.

(sumber:Liputan6)