Umtiti: Barcelona Era Guardiola Sungguh Membosankan

Samuel Umtiti mengaku mulai tak tertarik melihat Barcelona ketika tim Catalan tersebut di bawah asuhan Josep Guardiola. Menurut bek 23 tahun tersebut, Barca pada era itu sangat membosankan.

Pemain asal Prancis tersebut mengatakan Frank Rijkaard merupakan pelatih Barca idolanya. Ia tak pernah melewatkan pertandingan tim Catalan tersebut. Setelah pelatih asal Belanda tersebut hengkang, Guardiola ditunjuk sebagai pelatih mulai dari tahun 2008.

Ketika ditangani Guardiola yang saat ini menangani Manchester City, Barca memang menekankan pentingnya penguasaan bola dengan umpan tiki-taka. Namun hal ini justru membuat permainan Barca membosankan.

“Frank Rijkaard ketika melatih [Barcelona] dan saya senang melihat mereka bermain, gaya permainan mereka, cara mempertahankan bola, pergerakan mereka. Tak ada tim lain yang seperti mereka,” kata Umtiti pada France Football.

“Tradisi kemenangan mereka luar biasa. Para pemain tak pernah merasa puas. Saya hampir tak pernah melewatkan pertandingan mereka.”

“Kemudian saya mulai tak tertarik. Saya bilang pada teman saya, ‘Saya suka dengan gaya permainan Barcelona namun jika selama 10 tahun terakhir selalu menguasai bola, menjadi sangat membosankan. Setelah itu, Barcelona berevolusi lagi,” jelasnya.

(sumber:Bola.net)