Trump Presiden AS, pemerintah RI bakal adaptasi

Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais mengatakan terpilihnya Trump sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) akan memberikan efek pada Indonesia. Hanafi menilai pemerintah pasti beradaptasi dengan kepemimpinan baru AS.

Pasti akan ada adaptasi terhadap pemerintahan baru Trump,” kata Hanafi saat dihubungi, Rabu (9/11).

Salah satu sektor yang harus disesuaikan adalah sektor ekonomi. Menurutnya, kerjasama ekonomi Indonesia-AS akan lebih efektif jika dilakukan secara bilateral. Sebab, dia menilai Trump tidak terlalu tertarik dengan sistem perdagangan.

“Dalam bidang ekonomi, saya kira kerjasama ekonomi (perdagangan & investasi) akan lebih banyak efektif melalui jalur bilateral, tidak mengandalkan multilateral. Trans Pacific Partnership juga tidak lagi jadi pilihan buat Trump,” jelasnya.

Kemudian, di sektor keamanan, lanjut dia, harus jadi perhatian pemerintah. Politisi PAN ini melihat Trump tidak melirik negara-negara Asia sebagai partner aliansi strategis.

“Dalam bidang keamanan, stabilitas kawasan Asia Tenggara akan makin condong pada kekuatan China sebagai guaranty keamanan yang baru di kawasan. Karena AS seperti dalam pandangan Trump, tampaknya tidak akan menjadikan Asia sebagai prioritas aliansi strategis,” jelas Hanafi.

Sumber : merdeka.com