Tradisi Ciuman Aneh di Irlandia, Mencium Batu Menara Blarney

Ciuman memang menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk meningkatkan romantisme diantara pasangan. Tapi, apa jadinya bila ciuman menjadi sebuah tradisi yang sudah berlangsung hingga berabad lamanya? Ternyata, Irlandia memiliki sebuah kebiasaan unik mengenai ciuman, yaitu mencium batu menara blarney yang ada di bagian selatan negara ini.

Batu ini terletak di bagian atas menara Istana Blarney yang dibangun tahun 1446 oleh Dermot McCarthy, raja dari kerjaaan Musnter di atas tanah reruntuhan istana pada abad ke 13. Banyak legenda yang menyertai kisah batu ajaib yang ada di atas menara ini. Ada yang menceritakan bahwa batu ini dibawa dari masa perang ke dalam istana ini. Adapula yang menganggap batu spesial ini merupakan bagian dari Stonehenge yang ada di Inggris. Legenda lainnya yang populer juga bercerita bahwa batu ini sudah turun temurun diwarikan sejak tahun 1314.

Ternyata, seperti yang dikutip dari history.com pada Sabtu (10/12/2016), batu ini berasal dari batuan lokal di selatan Irlandia yang sudah berusia 330 juta tahun. Batu yang bernama Blarney ini memiliki arti “pandai membujuk” atau “omong kosong”.

Karena berada di atas menara, pengunjung yang ingin mencium batu ini harus menaiki terlebih dahulu menara ini. Menaiki tangga batu yang melingkar di atas menara, akan membuat Anda sedikit kelelahan. Namun setelah sampai ke puncak menara, pemandangan yang dilihat akan membuat Anda terpana. Tapi tentu saja Anda belum bisa mencium batu di menara Blarney ini.