Tokoh Sepakbola Paling Dicari Selama 2016

Sekarang sudah memasuki bulan Desember dan sebentar lagi akan menyambut pergantian tahun. Sepanjang satu tahun ini ternyata ada banyak figur dalam sepakbola yang menjadi bahan perbincangan di internet.

Situs mesin pencarian Yahoo belum lama ini merilis nama figur dalam sepakbola yang paling banyak dicari selama 2016 terutama di Inggris. Siapa saja mereka yang dimaksud? Berikut ini daftarnya.

10. Paul Pogba
Paul Pogba
Nama Pogba menjadi perbincangan di bursa transfer musim panas kemarin setelah memutuskan kembali ke Manchester United. Bintang asal Prancis itu ditebus dari Juventus dengan biaya 105 juta euro dan sekaligus menasbihkan dirinya sebagai pemain termahal dunia yang baru. Pogba bergabung kembali dengan skuat asuhan Jose Mourinho di Old Trafford setelah dlepas Setan Merah pada tahun 2012 lalu.
9. Gary Lineker
Gary Lineker
Lineker adalah mantan striker Leicester City yang kini bekerja sebagai komentator sepakbola di televisi. Sebelumnya ia pernah bernazar akan membawakan acara dengan hanya mengenakan celana dalam jika The Foxes merebut gelar Premier League di akhir musim. Setelah pasukan Claudio Ranieri akhirnya benar-benar menjadi juara, Lineker pun menepati janji gilanya tersebut kala menjadi pembawa acara di Match of the Day BBC pekan pembuka Premier League 2016/17.
8. Gareth Bale
Gareth Bale
Gareth Bale tampil cemerlang di turnamen Euro 2016. Ia mampu membawa Wales berbuat banyak di Prancis dengan menembus babak semifinal. Pada musim panas yang sama Bale juga meraih juara bersama Real Madrid dengan memenangkan Liga Champions. Atas prestasinya itu, Bale mendapat kontrak baru di Santiago Bernabeu yang berlaku hingga 2022.
7. Jamie Vardy
Jamie Vardy
Jamie Vardy menjalani kisah seperti negeri dongeng di sepanjang musim lalu. Ia mampu mengantarkan tim semenjana Leicester City menorehkan sejarah baru di Inggris dengan menjuarai Premier League. Vardie tampil tajam setelah mencetak 19 gol di liga sehingga namanya masuk skuat timnas Inggris dan juga nominasi Ballon d’Or.
6. Ched Evans
Ched Evans
Ched Evans menjadi perbincangan bukan karena prestasinya melainkan kasus perkosaan yang melibatkan dirinya. Mantan striker Sheffield United itu dijebloskan dalam penjara setelah divonis bersalah pada tahun 2012 dalam kasus pemerkosaan terhadap seorang remaja putri berusia 19 tahun di sebuah hotel. Namun setelah menjalani masa tahanan selama 20 bulan, ia dinyatakan tidak bersalah dalam sidang banding yang digelar di Cardiff Crown Court pada bulan Oktober kemarin.
5. Sam Allardyce
Sam Allardyce
Sam Allardyce diangkat menjadi manajer tim nasional Inggris yang baru menggantikan Roy Hodgson pada bulan Juli lalu. Namun setelah 67 hari bertugas mantan manajer Sunderland itu dipecat dari jabatannya setelah ketahuan terilbat dalam skandal pengaturan transfer pemain yang jelas melanggar peraturan FA. Posisi Allardyce kemudian digantikan oleh Gareth Southgate.
4. Lionel Messi
Lionel Messi
Messi tampil hebat dengan mengantarkan Barcelona merengkuh gelar La Liga dan Copa del Rey. Namun, pemain dengan lima trofi Ballon d’Or itu gagal mengeksekusi penalti yang krusial dalam final Copa America 2016. Akibatnya Argentina gagal meraih juara dan Messi langsung memutuskan pensiun dari kancah internasional usai pertandingan.  Namun, tak lama setelah itu ia meralat keputusan tersebut.
3. Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo
Ronaldo menunjukkan penampilan yang sensasional sepanjang tahun 2016. Ia mampu membawa Real Madrid merengkuh trofi Liga Champions dan setelah itu Portugal dibawanya menjadi juara Euro 2016. Setelah menandatangani kontrak baru dengan Madrid sampai 2021, Ronaldo kini berada di posisi terdepan untuk meraih penghargaan Ballon d’Or tahun ini.
2. Adam Johnson
Adam Johnson
Adam Johnson menjadi pembicaraan publik karena melakukan pelecehan terhadap gadis di bawah umur. Ia pun dinyatakan bersalah dan divonis enam tahun penjara oleh pengadilan. Akibatnya, winger berusia 28 tahun itu dipecat oleh klubnya Sunderland dan perusahaan olahraga ternama Adidas juga membatalkan kontrak dengan sang pemain.
1. Jose Mourinho
Jose Mourinho
Pelatih asal Portugal ini rasanya memang tak pernah berhenti menjadi bahan perbincangan bagi publik. Setelah dipecat Chelsea, Mourinho secara mengejutkan mengambil alih posisi juru taktik Manchester United. Jelang pergantian tahun, Mourinho masih menjadi sorotan terutama setelah tak kunjung mengangkat prestasi Setan Merah.

(sumber:Bola.net)