Tips Menggunakan Face Oil untuk Kulit Acne Prone

LiputanDoku.com – Kulit berminyak kerap dikaitkan dengan masalah jerawat . Maka dari itu, banyak pemilik wajah acne-prone yang ragu untuk menggunakan face oil .

Namun jangan khawatir. Kulit berjerawat juga bisa tetap menggunakan face-oil.

”Saya percaya fokusnya tidak pada minyak yang baik atau buruk, tetapi lebih pada bagaimana mereka digunakan,” ujar ahli kecantikan selebriti Renee Rouleau, dikutip dari Byrdie.

Lalu, bagaimana tips menggunakan face oil bagi wajah berjerawat ?

1. Cara memilih face oil untuk kulit berjerawat

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah menemukan formula yang menawarkan manfaat lain untuk kulit. Misalnya, yang memiliki banyak antioksidan.

Pada dasarnya, carilah minyak yang mengandung daftar bahan kaya vitamin seperti A, C, beta-karoten, dan lainnya.

”Semua jenis kulit, bahkan mereka yang berjerawat, bakal mendapat manfaat dari antioksidan,” ujar Rouleau.

2. Cara menerapkan

”Pada malam hari setelah pembersihan, toning dengan toner bebas alkohol (dibiarkan lembab pada kulit untuk hidrasi ekstra) dan menggunakan serum diikuti dengan pelembab lalu tepuk (jangan dipijat) 1-3 tetes minyak ke kulit,” ujar dia.

Neem oil, salah satu jenis face oil yang bermanfaat bagi perawatan kecantikan. (Shutterstock)
Neem oil, salah satu jenis face oil yang bermanfaat bagi perawatan kecantikan. (Shutterstock)

Agar tetap terhidrasi, Rouleau menjelaskan, kulit berminyak membutuhkan air untuk mempertahankan tingkat kelembapan. Maka dari itu, sebelumnya pakai pelembap yang ringan dan bebas minyak dengan metode menepuk yang disebutkan di atas.Jadi, urutannya adalah toner-serum-pelembap-face oil.

3. Cara yang salah

Kata Rouleau, jangan mencampurkan minyak wajah langsung ke pelembab/lotion atau memijatnya langsung di kulit sebagai pengganti pelembab yang ringan.

Sekali lagi, kulit berminyak membutuhkan air untuk hidrasi, bukan lebih banyak minyak. Ketika kulit sedang kering-keringnya, minyak jauh lebih mungkin untuk membiakkan bakteri yang pada akhirnya berbentuk benjolan dan jerawat tak diinginkan.

4. Waktu terbaik

Secara umum, Rouleau menyarankan menggunakan minyak di malam hari. Ini adalah saat di mana kulit bisa istirahat sehingga minyak dapat memperbaiki dan melindungi kulit secara maksimal ketika tidur.

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.