Timnas Lawan Singapura, Riedl Siap Rotasi Pemain

Pelatih Alfred Riedl memimpin latihan ringan pemain timnas Indonesia di Manila, Filipina, 20 November 2016. ANTARA/Wahyu Putro A

Liputansaku.com,¬†Jakarta – Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, langsung berbenah setelah ditahan imbang Filipina dengan skor 2-2, Selasa kemarin. Riedl mengajak skuadnya berlatih dan mengevaluasi permainan tim nasional. “Kami coba lakukan rotasi pemain. Kami punya pemain cadangan yang bagus,” kata Riedl setelah mengomandoi latihan rutin, Rabu.

Pelatih 67 tahun asal Austria itu rupanya sedang menyiapkan strategi dan tenaga baru untuk menghadapi Singapura dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2016, Jumat. Tim Garuda wajib mengalahkan Singapura jika ingin menjaga asa lolos ke babak semifinal. Tiga poin dari Singapura jelas akan mengangkat Indonesia dari dasar klasemen sementara Grup A.

Indonesia hanya meraih satu poin dari dua laga sebelumnya. Satu poin itu hasil imbang 2-2 melawan Filipina. Sebelumnya, Indonesia harus pasrah menelan kekalahan 2-4 dari Thailand pada laga pertama fase grup.

Thailand sudah mengunci satu tiket ke putaran empat besar Piala AFF 2016. Sang juara bertahan kokoh di tabel klasemen sementara berbekal enam poin hasil dua kali menang saat melawan Indonesia dan Singapura.

Selain Indonesia, Singapura dan Filipina punya peluang yang sama menemani Thailand ke semifinal. Alhasil, bisa dipastikan Singapura akan memberikan perlawanan terhebat dalam laga Jumat besok melawan Indonesia. Jika Singapura sukses mengalahkan atau menahan imbang tim Garuda, otomatis Indonesia akan tersingkir dari Piala AFF 2016.

Riedl mengaku tetap optimistis timnya mampu mengalahkan Singapura. Menurut dia, Singapura merupakan tim dengan gaya bermain yang berbeda dibanding kontestan Piala AFF lainnya. “Singapura banyak menumpuk pemain di belakang dan menunggu kesempatan melakukan serangan balik,” ujar Riedl.

Riedl pun meminta pemainnya berlatih keras untuk bisa membongkar tembok kokoh di lini belakang Singapura. Riedl yakin masih ada celah di barisan belakang Negeri Singa itu. “Pemain cadangan berlatih taktik penetrasi ke pertahanan Singapura, sementara pemain yang tampil saat melawan Filipina hanya adaptasi lapangan dan latihan operan,” tutur Riedl.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber:tempo.co)