Terkuak, Misteri Gedung Tanpa Kaca di New York

Sebuah gedung kokoh yang berdiri di jantung kota New York, Long Lines Building yang digunakan oleh perusahaan AT&T, membuat orang yang melihatnya bertanya-tanya. Pasalnya, bangunan tersebut tak memiliki kaca.

Pada malam hari, gedung yang tak memiliki lampu pencahayaan luar itu tampak seperti bayangan dan melebur dengan kegelapan di sekitarnya. Tak mengherankan, jika orang-orang bertanya-tanya soal misteri yang terdapat di gedung tersebut.

Namun sebuah laporan dari The Intercept, mengungkap rahasia di balik gedung Long Lines Building.

Menurut pembocor data rahasia Amerika Serikat Edward Snowden,menyebut bahwa gedung itu merupakan pusat kegiatan intelijen di Manhattan yang terkait dengan Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Bukan cuma itu. Dalam laporannya, Snowden juga mengatakan bahwa pernah terjadi ledakan atom di dalam gedung tersebut. Namun, gedung itu tidak runtuh karena begitu kuatnya fondasi serta tembok yang ada di sana.

Di dalam gedung tersebut, AT&T mempunyai data 175 juta rekaman telepon sedunia perharinya.

“Pamantauan yang ada di sana, bisa dilakukan untuk menyadap panggilan telepon, fax serta data internet,” sebut bocoran data Snowden.

Berdasarkan laporan investigasi, Long Lines Building merupakan pusat spionase yang dilakukan oleh NSA dengan nama kode TITANPOINTE. Di sana miliaran panggilan telepon, fax, dan email “disambut” setiap harinya.

“Nama kode TITANPOINTE muncul puluhan kali dalam dokumen NSA, sering berada di dalam laporan rahasia tentang operasi pengawasan,” ujar laporan tersebut.