Sosok Hakim Ketua Sidang Kasus Korupsi E-KTP

Hakim John Halasan Butar-Butar ditunjuk sebagai hakim ketua di sidang kasus dugaan korupsi dalam pengadaan paket penerapan KTP berbasis NIK tahun 2011-2012 yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Yohanes Priyana, mengatakan John Halasan merupakan hakim yang berpengalaman menangani kasus tindak pidana korupsi.

“John Butar-Butar, Hakim Tipikor yang sudah cukup berpengalaman dan senior menangani perkara Tipikor,” tutur Yohanes, kepada wartawan, Rabu (8/3/2017).

Sebelum dipindahtugaskan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, dia pernah bertugas sebagai Hakim Tipikor di PN Semarang-Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jhon dipercaya memimpin sejumlah sidang. Diantaranya, yaitu kasus korupsi dalam pelaksanaan pekerjaan Detail Engineering Design (DED) Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Provinsi Papua.

Selain itu, dia terdaftar sebagai anggota majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta yang menjatuhkan hukuman kepada Rohadi, panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, selama 7 tahun penjara dalam kasus suap untuk meringankan vonis Saipul Jamil dalam kasus asusila.

Sumber : tribunnews