Soal Naturalisasi, Ezra Dapat ‘Lampu Hijau’ dari Jokowi

Jakarta – Proses naturilasai Ezra Walian memasuki babak baru. Ini setelah Ezra mendapat “lampu hijau” dari Presiden RI Joko Widodo dan kini berlanjut ke DPR.

Hal itu disampaikan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto kepada detikSport, Senin (23/1/2017). Gatot sendiri mendapatkan informasi itu dari Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara, Setya Utama, tadi malam.

Memang proses naturalisasi Ezra belum menemui titik akhir. Tapi sudah menunjukkan perkembangan positif setelah berkas naturalisasi Ezra “direstui” oleh Jokowi dan akan dilimpahkan ke Ketua DPR Setya Novanto

“Surat sudah diberikan kepada Bapak Presiden pada 19 Januari. Presiden sudah minta untuk segera diproses di DPR, di mana surat itu juga ditembuskan di antarannya kepada Kemenkumham dan Menpora,” kata Gatot.

“Jadi sekarang tinggal dari Ketua DPR-nya, lalu kemudian turun kepada Ketua Komisi II untuk dibahas soal proses Ezra di sana,” sambungnya.

Meski demikian, Gatot belum mengetahui pasti kapan Rapat Dengar Pendapat akan digelar dengan Komisi II DPR.

“Belum tahu karena semua tergantung dari DPR. Hanya saja, Untuk leading-nya tetap Bapak Menkumham, namun akan didamping Menpora dan Mensesneg,”

Setelah dibahas di Komisi II, dokumen selanjutnya akan dikembalikan lagi kepada Ketua DPR, dan diteruskan kepada Presiden untuk dijadikan sebuah Keputusan Presiden. Keppres tersebut akan dikirim ke Kemenkumham yang ditembuskan kepada Menpora dan PSSI.

“Kami tidak tahu prosesnya bakal berapa lama lagi. Yang jelas, ini saja prosesnya sudah cepat sekali. Karena pertama diberikan surat oleh Menpora itu 28 Desember kepada Kemenkumham lalu masuk meja Presiden, dan sudah kembali kepada DPR. Artinya cukup cepat ini,” tutup Gatot.

sumber : detik.com