Siapa Sangka, Ini Manfaat Mengejutkan dari Air Mentimun

Apakah Anda memiliki jadwal yang sibuk dan padat tapi masih ingin mengurus diri? Kabar baiknya adalah bahwa, bahkan pada hari-hari sibuk, ada beberapa cara yang cepat dan sederhana untuk tetap sehat. Salah satunya adalah minum air mentimun. Berikut beberapa khasiat mengejutkan dari air mentimun, seperti dikutip dari laman lifehack, Selasa (15/11/2016).

Air mentimun menurunkan risiko penyakit jantung
Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Amerika, menurut American Heart Association. Namun, kabar baiknya adalah bahwa Anda dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan penyakit ini melalui pilihan gaya hidup yang baik seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur dan termasuk air mentimun dalam diet Anda.

Telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama untuk penyakit jantung, dengan membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium ekstra dalam tubuh.

Air mentimun menjaga tulang kuat
Osteoporosis adalah kondisi kronis serius yang menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk patah tulang, dan yang terutama masalah bagi wanita setelah mereka mencapai menopause.

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang kesehatan tulang, kalsium, vitamin D dan magnesium muncul pikiran – tetapi vitamin K adalah sangat penting, juga. Dan untungnya, mentimun yang sangat kaya vitamin K, yang membantu untuk membentuk matriks tulang dan menjaga tulang padat dan kuat.

Air mentimun mencegah dehidrasi
Dehidrasi dapat terjadi karena berbagai alasan, berolahraga berat, atau hanya tidak meluangkan waktu untuk minum cukup air.

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, membuat sirkulasi lebih lamban dan bahkan menambah berat badan, karena banyak orang makan ketika mereka benar-benar haus.

The National Institute of Health, bagaimanapun, merekomendasikan antara 6 dan 8 gelas sehari untuk kesehatan terbaik: air mentimun, menjadi lezat, membuat mendapatkan cukup air dalam sistem Anda jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Air mentimun mencegah kulit kering
Paparan sinar matahari, cuaca dingin atau panas dan polusi udara semua dapat mengambil korban pada kulit Anda, meninggalkannya kering, merah dan gatal. Namun, air mentimun dapat membantu.

Bila Anda meminumnya, Anda membantu untuk tidak hanya melembabkan kulit Anda dari dalam, Anda juga menyediakan silikon dan vitamin B-5, dua nutrisi kulit Anda yang perlu untuk tetap sehat. Bila Anda menggunakannya sebagai toner, Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi dan menjaga kulit Anda halus dan jelas.

Air mentimun dapat mengurangi risiko kanker
Sementara air mentimun saja tidak bisa menurunkan risiko kanker Anda, dapat digunakan sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan dan dapat memberikan tubuh Anda dengan vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

Namun, minuman ini kaya akan antioksidan dan senyawa seperti cucurbitacins dan lignan yang telah ditunjukkan dalam studi klinis untuk membantu tubuh menangkis perkembangan kanker. Ini adalah alasan lain untuk menikmati air mentimun.

Air Mentimun kemungkinan menurunkan penyakit kronis
Kanker dan osteoporosis bukan satu-satunya penyakit kronis Anda perlu khawatir tentang ketika Anda beranjak tua – penyakit mata, diabetes dan penyakit Alzheimer (yang menyebabkan hilangnya memori progresif) adalah kondisi yang sulit dan umum, juga.

Namun, array yang kaya antioksidan dalam mentimun dapat membantu mengurangi strespada sel-sel, memperlambat proses penuaan, dan mencegah banyak penyakit terkait usia ini. (Tera Yusepi)

Sumber : Liputan6