Short Trip ke Semarang Bagi Kamu yang Pengen Kabur Sejenak dari Kepenatan

Memang, tak ada cara yang lebih baik selain traveling untuk membunuh yang namanya penat. Melihat tempat-tempat baru, bercengkrama dengan orang-orang asing, menikmati makanan khas kota lain, hal-hal semacam ini selalu sukses bikin penat hilang. Masalahnya sendiri adalah soal waktu. Terutama bagi para pekerja yang jadwalnya padat banget.

Namun, selalu ada solusi untuk segala hal, termasuk traveling bagi orang-orang sibuk. Nah, caranya sendiri adalah dengan melakukan short trip alias liburan pendek. Metode ini ampuh banget untuk menyisipkan refreshing di tengah kesibukan. Short trip sendiri bisa ke mana saja. Dan saran kami adalah kunjungi kota-kota yang belum pernah didatangi. Misalnya saja Semarang di mana tim Travelingyuk kebetulan mampir ke kota unik ini beberapa waktu lalu.

Semarang sebagai tujuan short trip adalah pilihan yang tepat banget. Karena ibu kota Jawa Tengah ini punya semacam paket lengkap yang isinya dijamin memuaskan sekali. Hmmm, lalu seperti apa keseruan liburan pendek di kota ini? Simak ulasan menariknya berikut.

Naik Kereta dan Disambut Tawang yang Luar Biasa

Ada banyak cara untuk ke Semarang, tapi rekomendasi terbaik mungkin adalah dengan kereta. Ada banyak alasannya dan yang paling utama adalah pesona Tawang sebagai maskot stasiun kota Semarang. Tawang ini cukup berbeda dari stasiun kebanyakan. Terutama karena desain bangunannya yang kolonial banget.

Stasiun Tawang Semarang [Image Source]
Stasiun Tawang Semarang [Image Source]

Diketahui hampir seluruh bangunan Tawang adalah asli. Jadi, apa yang kita saksikan di sana, sama persis seperti di 1914 alias tahun berdirinya stasiun ini. Beranjak keluar, kamu bakal disambut dengan kubah-kubahnya yang gagah. Tak sampai situ, agak keluar sedikit dari Tawang, kamu juga akan mendapatkan pemandangan berupa kolam besar yang cukup indah. Nah, lihat sendiri, kan? Belum apa-apa Semarang sudah memberi hadiah spesial.

Memilih Hotel yang Pas dan Murah

Setelah tiba dari Tawang dan menikmati segala keindahan, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menuju hotel. Oh iya, ini asumsinya sudah pesan duluan ya. Tapi, kalau belum juga tidak masalah. Soal transportasi, kita sama sekali tak usah khawatir karena di depan stasiun Tawang akan ada banyak bapak-bapak supir taksi yang menanti.

Hotel Wimarion [Image Source]
Hotel Wimarion [Image Source]

Tentang hotel, rekomendasi kami adalah Wimarion. Hotel satu ini letaknya ada di Jalan Wilis No. 2 dan bisa dibilang masih bau furnitur alias baru. Hotel ini cukup nyaman dengan harga yang bersahabat. Pelayanannya juga ramah. Nikmati dulu istirahat setelah lelah duduk tegak di kereta. Begitu pagi, jangan mandi dulu, benah-benah sedikit lalu naik ke lantai yang paling atas. Di sini kita bisa menemukan roof top pool dengan pemandangan kota Semarang. Nikmati santai di sini sejenak untuk kemudian turun dan nikmati breakfast nikmat yang sudah disiapkan di resto hotel.

Menikmati Semarang dengan Segala Keindahannya

Setelah menikmati Wimarion yang luar biasa, segera langkahkan kaki keluar dan nikmati berjalan-jalan memutari Semarang. Ada banyak tempat di kota ini yang bisa kita singgahi. Mulai dari Simpang Lima, Lawang Sewu, atau Masjid Agung Jawa Tengah.

Lawang Sewu [Image Source]
Lawang Sewu [Image Source]

Tak perlu dilewatkan juga adalah Kota Lama atau Kota Tua. Letaknya sendiri tak begitu jauh dari Tawang. Bisa dinikmati sekalian atau mungkin nanti ketika kembali ke Tawang. Di sini kita akan menemukan sebuah tempat di mana settingnya adalah seperti di era kolonial. Bangunannya tinggi-tinggi serta terlihat masih kokoh.

Menikmati Kuliner Semarang

Setelah memuaskan mata dengan pemandangan Semarang, kini waktunya memanjakan lidah dengan berbagai sajian yang ada di kota ini. Ada banyak pilihan yang bisa diambil, versi kami, adalah Waroeng Kaligarong yang ada di Jl. Mayjen Panjaitan No 64, Brumbungan. Di sini kita akan mendapati begitu banyak hidangan yang rata-rata juara.

Waroeng Kaligarong [Via Travelingyuk]
Waroeng Kaligarong [Via Travelingyuk]

Menu khas atau jagoan di Kaligarong ini adalah bebek sambal mangganya. Menurut kami rasanya benar-benar unik. Manisnya daging bebek muda dipadu dengan sensasi pedas asam sambal mangga, benar-benar kombinasi yang mantap. Untuk minumnya kita bisa pilih Ice Asem Aren-nya yang benar-benar segar dan bikin nagih. Oh iya, untuk harga rata-rata masih aman banget buat dompet kita.

Tahukah kamu untuk bisa menikmati semua hal di atas hanya menghabiskan dua hari saja. Dan biayanya tak lebih dari satu juta rupiah per orang. Kalau mau makin murah, kita bisa juga memanfaatkan juga promo-promo baik tiket kereta maupun hotelnya. Semarang memang tak pernah mengecewakan dan sangat kami rekomendasikan sebagai tujuan short trip kamu. Jadi, kapan giliranmu mengunjungi kota ini?

Sumber : travelingyuk