Sering Lembur Demi Uang Bikin Kamu Menyesal, Kenapa?

Bekerja dengan waktu yang berlebih atau biasa disebut lembur bisa dibilang sudah seperti sahabat dengan para pekerja dan tidak bisa dipisahkan. Selain itu, ada juga beberapa perusahaan yang akan membayar lebih untuk karyawan lembur.

Jadi, tak heran jika ada beberapa karyawan yang rela lembur kerja demi mendapatkan uang tambahan dari lembur. Dan kamu perlu tahu bahwa bekerja di malam hari dalam waktu yang lama dapat membunuh kamu secara perlahan.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang membuatmu menyesal rela kerja lembur karena untuk mendapatkan uang tambahan seperti dikutip dari Karir.com:

1. Kehilangan waktu bersama keluarga

Bagaimana tidak akan kehilangan waktu bersama keluarga jika wajarnya waktu bekerja melewati batas aturan yang sudah diterapkan dalam pasal 77 sampai pasal 85 Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Umumnya, pekerja yang bekerja 6 hari dalam seminggu, jam kerjanya adalah 7 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam 1 minggu.

Sedangkan untuk pekerja dengan 5 hari kerja dalam 1 minggu, kewajiban bekerja mereka 8 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam 1 minggu. Dan sisa dari itu adalah hak kamu untuk menghabiskan waktu kamu bersama keluarga, baik itu ayah, ibu, anak, isteri dan lainnya.

2. Pemicu penyakit dalam

Risiko dari lembur lainnya yaitu dapat memicu kesehatan jika kamu terlalu sering lembur. Penyakit yang sering menyerang gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, diare, konstipasi, dan heartburn.

Ini umumnya disebabkan kurangnya konsumsi air. Dan yang paling bahaya yaitu serangan jantung dan stroke.

3. Obesitas

Tak heran, jika karyawan yang lembur lebih banyak menghabiskan makanan atau camilan di malam hari. Hal ini disebabkan karena hormon leptin atau hormon yang berfungsi sebagai pengontrol nafsu makan akan lebih meningkat.

Dan kamu perlu tau bahwa makanan atau camilan disebut sebagai faktor penyebab bertambahnya berat badan. Terlebih saat Anda mengkonsumsinya pada malam hari.

4. Depresi

Alih-alih akan menjadi karyawan teladan, ternyata lembur akan berdampak sangat buruk untukmu. Selain memperbesar risiko terkena penyakit jantung dan obesitas, ternyata lebur bisa mengakibatkan depresi kepada karyawan yang sering lembur.

Jam kerja yang berlebihan kerap menguras kemampuan fisik tubuh dan mempengaruhi kinerja otak. Karyawan yang jam kerjanya berlebihan pastinya waktu untuk beristirahat akan berkurang dan pastinya jam tidur huga menjadi lebih sedikit dari batas waktu normal.

5. Percayalah, uang tidak selamanya membawa kebahagiaan

Berharap lembur ingin mendapatkan uang tambahan justru penyakit yang didapat. Memang, ada beberapa perusahaan yang akan membayar lebih untuk karyawan yang lembur.

Namun, risiko yang dihadapi tidak sesuai dengan bayaran yang didapat. Jadi, masih ingin lembur untuk mendapatkan uang tambahan?

(sumber:Liputan6)