Sergio Ramos dan Bek Tertajam Dalam Sejarah La Liga

Sergio Ramos kembali menjadi sosok pahlawan bagi Real Madrid pada laga El Clasico kemarin. Berkat sundulannya di menit 90, ia sukses membawa timnya terhindar dari rasa malu dengan membawa pulang satu angka dari Camp Nou.

Gol telat Ramos ke gawang Barcelona itu bukan hanya membuat Los Blancos semakin nyaman di puncak klasemen, tapi juga menambah pundi-pundi gol sang kapten di La Liga. Bek berusia 30 tahun itu memang dikenal sebagai bek yang tajam dan sering mencetak gol penting untuk timnya.

Siapa saja para pemain lainnya yang juga menyandang status defender tertajam di La Liga? Berikut ini adalah daftarnya seperti dilansir oleh AS.

5. Roberto Carlos
Roberto Carlos
Negara: Brasil
Total gol di La Liga: 46

Mantan pemain Real Madrid ini memang dikenal sebagai bek kiri yang cukup lincah dan kuat. Selain itu, Carlos juga dikenal kerap mencetak gol-gol krusial dari situasi free kick atau tendangan jarak jauh. Pemain Brasil ini memperkuat Los Blancos selama 11 tahun dan sukses memenangi empat titel La Liga dan tiga gelar Liga Champions.

4. Sergio Ramos
Sergio Ramos
Negara: Spanyol
Total gol di La Liga: 47

Ramos dikenal bukan hanya sebagai defender yang tangguh tapi juga kerap mencetak gol ke gawang lawan. Madrid merekrut Ramos dari Sevilla pada tahun 2005 dan kini mengemban amanah berat sebagai kapten Los Blancos. Selain mencetak gol penyeimbang dalam laga El Clasico kemarin, Ramos juga mencetak gol krusial Madrid dalam final Liga Champions 2014 dan Piala Super Eropa 2016.

3. Pirri
Pirri
Negara: Spanyol
Total gol di La Liga: 52

Jose Martinez Sanchez atau biasa dikenal Pirri memperkuat Real Madrid antara 1964 dan 1979. Selama 15 tahun membela Los Blancos, Pirri meraih kesuksesan besar di sana dengan 10 titel La Liga, empat trofi Copa del rey dan Piala Eropa 1966. Pirri juga merupakan anggota skuat Madrid yang dikenal dengan tim ‘Ye-Ye’.

2. Fernando Hierro
Fernando Hierro
Negara: Spanyol
Total gol di La Liga: 60

Hierro merupakan mantan kapten Real Madrid yang juga menjadi bagian dari kesuksesan Real Madrid di masa lampau. Selama 14 tahun berkarir di Santiago Bernabeu, Hierro ikut mempersembahkan lima gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions. Hierro bisa bermain sebagai bek tengah, sweeper atau gelandang bertahan dan dikenal mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus di lapangan.

1. Ronald Koeman
Ronald Koeman
Negara: Belanda
Total gol di La Liga: 67

Koeman memperkuat Barcelona selama enam musim antara tahun 1989 sampai 1995. Ia merupakan anggota skuat Dream Team Barcelona asuhan Johan Cruyff. Pemain Belanda ini juga merupakan sosok ikonik di Barca setelah mencetak gol tunggal kemenangan atas Sampdoria di Wembley pada 1992 yang membuat Azulgrana menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya.

(sumber:Bola.net)