Sempat Unggul 2 Bola, Liverpool Ditekuk Bournemouth 4-3

Pemain Liverpool, Daniel Sturridge, berselebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol kedua dalam pertandingan Liga Primer Inggris melawan Bournemouth di Stadion Vitality, Inggris, 17 April 2016. Bryn Lennon/Getty Images

Liputansaku.com, Jakarta – Liverpool secara mengejutkan ditumbangkan tuan rumah Bournemouth pada laga pekan ke-14 Liga Primer Inggris Ahad malam, 4 Desember 2016. Bournemouth berhasil bangkit dari ketertinggalan 1-3 dan menutup laga dengan skor 4-3.

Bermain di kandangnya sendiri, Vitality Stadium, Bournemouth tertinggal 2-0 pada babak pertama. Gol Liverpool di ciptakan oleh Sadio Mane pada menit ke-20 dan Divock Origi dua menit berselang.

Skuad asuhan Eddie Howie memiliki bukannya tanpa perlawanan pada babak pertama. Peluang terbaik Bournemouth adalah ketika Nathan Ake terjatuh di kotak pinalti setelah berbenturan dengan Roberto Firminho. Sayangnya wasit tak menilai benturan itu sebagai sebuah pelanggaran, protes pemain Bournemouth juga tak berbuah hasil.

Pinalti bagi kubu tuan rumah baru terjadi pada babak kedua. James Milner secara jelas melakukan pelanggaran terjadap Ryan Fraser yang mencoba merangsek ke kotak pinalti Liverpool pada menit ke-57. Callum Wilson yang maju sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dengan baik.

Merasa keunggulannya mulai terkejar, anak asuh Jurgen Klopp kembali melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Bournemouth. Alhasil, tujuh menit kemudian Emre Can mengembalikan keunggulan Liverpool menjadi 2 bola. Lesakan bola melengkung gelandang asal Turki berkebangsaan Jerman itu menembus gawang Artur Boruc.

Merasa telah cukup aman, Klopp menarik keluar Mane dan memasukan Adam Lallana yang baru pulih dari cedera pada menit ke-69. Namun pergantian itu membuat lini serang The Kop, sebutan Liverpool justru sedikit menumpul.

Berkurangnya ketajaman lini depan Liverpool itu dimanfaatkan oleh Bournemouth untuk melancarkan serangan bertubi-tubi. Hasilnya, pada menit ke-76 Ryan Fraser berhasil memanfaatkan serangan balik cepat dan menciptakan gol yang memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 2-3.

Tiga menit berselang, Bournemouth mampu memaksimalkan skema tendangan bebas menjadi gol. Umpan silang Fraser dari sisi kiri pertahanan Liverpool mampu dijangkau oleh bek Steve Cook yang mengontrol bola sambil membalikan badan dan melesakan tembakan keras ke pojok kanan gawang Loris Karius.

Nathan Ake menjadi penentu kemenangan Bournemouth pada masa tambahan waktu. Dia berhasil memanfaatkan bola muntah hasil tangkapan Karius yang tak sempurna saat memblok sepakan Steve Cook dari luar kotak pinalti.

Kekalahan itu membuat Liverpool kini harus puas berada di posisi ketiga klasemen sementara. Mereka tergeser oleh Arsenal yang pada laga Ahad dini hari tadi menang telak 1-5 di kandang West Ham.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tempo.co