Semifinal Piala AFF: Vietnam Hebat, tapi Bisa Dikalahkan

Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl memberikan arahan kepada pemain ketika memimpin latihan perdana usai lolos grup A AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jabar, 29 November 2016. ANTARA

Liputansaku,com, Jakarta – Tim nasional Indonesia segera menjalani leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016 kontra Vietnam yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 3 Desember 2016, mulai pukul 19.00 WIB. Laga kandang yang akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, itu akan sangat menentukan lolos-tidaknya skuad Merah Putih ke partai puncak.

Pertandingan leg pertama memang digelar di negara tim yang menjadi runner-up fase grup—dalam hal ini Indonesia menjadi runner up Grup A dan Myanmar runner-up Grup B. Sedangkan pertandingan leg kedua dilaksanakan di tim yang menjadi juara grup—dalam hal ini Thailand memuncaki Grup A dan Vietnam di posisi paling atas Grup B.

Dengan demikian, apabila pada leg pertama gagal menang, tim Garuda akan sangat sulit membekuk Vietnam di negaranya.

Dalam kondisi ini, para pemain Indonesia tetap harus melalui perjuangan ekstrakeras, karena Vietnam tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir. Tim itu bahkan bisa mengalahkan salah satu tim kuat Asia Timur, Korea Utara, dengan skor telak 4-1 dalam uji coba.

Namun sebutan bahwa bola itu bundar menunjukkan, dalam sepak bola, tidak ada yang tidak mungkin. Faktanya adalah Indonesia sempat unggul dua kali atas Vietnam ketika menjalani laga uji coba di negara tersebut menjelang Piala AFF kali ini.

Indonesia sempat unggul 1-0 dan 2-1 sebelum kemudian Vietnam mencetak dua gol pada menit-menit akhir pertandingan untuk memenangi laga dengan skor tipis 3-2.

Pada bulan lalu, Indonesia sukses menahan imbang Vietnam 2-2 dalam laga uji coba di Yogyakarta. Jadi Vietnam bukan tak terkalahkan, meski Andik Vermansyah dan kawan-kawan tentu tetap harus berhati-hati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber:tempo.co)