Selain Ranu Kumbolo, Spot Fotogenik di Lereng Bromo Tengger Semeru Ini Juga Wajib Didatangi

Ranu Kumbolo, salah satu spot paling menarik perhatian banyak traveler ketika berbicara Gunung Semeru dan Bromo. Danau cantik yang berada di atas gunung ini memang menawarkan sejuta keindahan. Bukan hanya airnya yang jernih, pemandangan di sekitar Ranu Kumbolo ini juga cantik bak serasa di surga. Sudah pernah ke sana belum?

Bukan hanya Ranu Kumbolo saja yang menjadi spot cantik fotogenik di lereng Bromo Tengger Semeru, tapi beberapa lokasi berikut ini juga wajib kamu kunjungi. Mengapa? karena selain memiliki pemandangan indah, spot cantik di lereng Bromo Tengger Semeru ini masih belum banyak dikunjungi orang. Nah, penasaran dengan spot fotogenik di lereng Bromo Tengger Semeru ini kan? Yuk, intip rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Sudah pernah dengan nama air terjun satu ini? Terletak di Desa Negorejo, Kecamatan Lumbang, air terjun yang lebih mudah ditempuh dengan rute Probolinggo-Gunung Bromo ini menjadi destinasi wisata alam yang cukup menarik perhatian traveler. Tak seperti air terjun lainnya, Madakaripura memiliki bentuk super unik yaitu berbentuk ceruk dengan dikelilingi oleh bukit-bukit. Jika cuaca sedang cerah, matahari akan masuk ke kawasan air terjun tertinggi di pulau Jawa ini. Bila beruntung, pemandangan cantik sebuah pelangi akan muda ditemui. Berkunjung ke air terjun ini, pastinya tak akan menyesal.

Air Terjun Madakaripura

2. Puncak B29, Negeri di Atas Awannya Lumajang

Puncak B29 Argosari

Jika Probolinggo yang juga masih berada di kawasan lereng Bromo Tengger Semeru memiliki air terjun Madakaripura, Lumajang rupanya juga tak mau kalah. Bukan air terjun, spot cantik yang bisa dijadikan latar untuk foto di Lumajang ini adalah Puncak B29. Lokasi wisata ini terbilang baru dan masih sepi pengunjung. Puncak B29 sendiri merupakan gunung dengan ketinggian 2900 meter dia tas permukaan laut. Tempat cantik yang juga dikenal dengan nama Puncak Argosari ini merupakan puncak paling tinggi di kawasan Gunung Bromo. Tak heran, jika di puncak ini memiliki pemandangan luar biasa yaitu perkebunan Argosari, pasir Bromo hingga keindahan Tosari Pasuruan dan Sukapura Probolinggo.

Puncak B29

3. Ranu Pane

Ranu Pane Semeru

Bukan hanya Ranu Kumbolo, ada satu lagi danau cantik yang berada di kawasan lereng Gunung Semeru. Danau cantik yang terbentuk alami ini bernama Ranu Pane yang terletak di desa Ranu Pane. Seiring bertambahnya jumlah pendaki, Ranu Pane tergolong cukup ramai pengunjung. Banyak sekali traveler yang kecanduan foto cantik di danau yang dulunya memiliki luas berkisar satu hektar ini. Kini, danau cantik ini diperkirakan hanya memiliki luas 0,75 hektar akibat laju sedimentasi yang cepat.

Ranu Pane

4. Ranu Regulo

Ranu Regulo

Ranu Kumbolo memang cantik, tapi ada satu lagi ranu yang menjadi anak dari Ranu Kumbolo. Ialah Ranu Regulo yang juga berada di lereng Gunung Semeru. Tak seperti Ranu Kumbolo, danau alami satu ini lebih dekat dengan perkampungan. Lokasinya terletak di desa Ranu Pane dan membutuhkan waktu 20 menit untuk berjalan ke danau satu ini. Di danau ini juga bisa digunakan sebagai lokasi camping. Tentu saja, pemandangannya sangat bisa digunakan sebagai spot foto cantikmu.

Ranu Regulo Semeru

5. Coban Pelangi, Tumpang

Coban Pelangi

 

Sumber : tribunnews