Seblak Tenderloin Dengan Kerupuk Kuning

Ilustrasi Seblak

Liputansaku.comBandung – Pencinta jajanan kaki lima tentu sudah tak asing dengan seblak. Sebagian besar orang biasanya membeli jajanan ini di pinggir jalan. Makanan yang terbuat dari olahan kerupuk tersebut rupanya menjadi salah satu kuliner favorit saat berwisata ke Kota Bandung. Jika sudah bosan dengan rasa seblak yang itu-itu saja, Anda patut mencoba varian seblak unik dari Kafe Marlo Kitchen. Namanya: Tenderloin Seblak.

Cara pembuatan seblak untuk Tenderloin Seblak ini tak jauh beda dari biasanya. Namun, setelah sampai di mulut, rasanya berbeda dari seblak kebanyakan dan kaya bumbu rempah. Menurut Manager Marlo Kitchen Darwin, seblak yang ada di pinggir jalan biasanya menggunakan berbagai jenis kerupuk. Nah, Seblak Tenderloin ini hanya menggunakan satu jenis kerupuk, yakni kerupuk kuning.

Satu lagi yang membuat seblak ini berbeda adalah potongan daging sapi tenderloinyang lazimnya dibuat steak. Daging tenderloin dimasak secara sederhana, dipotong dadu, dan disajikan di atas seblak. “Seblak Tenderloin menjadi salah satu camilan favorit pengunjung,” kata Darwin, Jumat, 18 November 2016.

Selain menu Seblak Tenderloin yang bikin “melek”, Darwin mengatakan ada satu lagi hidangan yang cukup mengenyangkan bagi pelanggan, yakni Fried Dory Presto Lemon Sauce. Penggemar ikan pasti tahu kelezatan daging ikan dori yang lembut dan tidak berbau amis.

Ilistrasi

Fried Dory Presto Lemon Sauce. (Kredit: Dwi Renjani | TEMPO)

Chef di Kafe Marlo Kitchen mengolah ikan dori seberat 120 gram. Setelah dibersihkan, daging ikan dipanggang sebentar di atas api sedang. Sambil dipanggang, ikan diberi bumbu, seperti merica dan garam, agar aroma yang keluar dari hidangan ini menjadi lebih kuat.

Dinamakan Presto Lemon Sauce, menurut Darwin, lantaran setelah dipanggang sebentar, ikan dori kemudian digoreng dengan tepung roti hingga kering, lalu diberi saus lemon dengan kadar keasaman sedang. Saus lemon yang creamy tadi terbuat dari cooking creammustard, basil, dan perasan jeruk lemon.

Saat dicicipi, gurihnya daging ikan dori melebur dengan saus lemon yang asam dan menyegarkan. “Menu ini cocok disantap dengan kentang, baik itu berupa potatoes wedges maupun kentang goreng,” ujar Darwin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber:Tempo.co)