Sajian Nasi Goreng Khas di Semarang, Mantapnya Juara

Semarang memang penuh dengan hal menarik. Kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa tersebut pernah menjadi pusat keramaian di masa lalu. Dan hingga saat ini, Semarang masih tetap menjadi primadona sebagai salah satu kota terbesar di Jawa. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan cuma berburu lumpia saja. Ada banyak makanan dan menu khas yang nggak boleh kamu lewatkan. Setelah puas melihat-lihat bangunan-bangunan tua seperti Lawang Sewu yang terkenal penuh aura mistis itu, mungkin kamu lapar.

Nah mumpung ada di Semarang, yuk coba kulineran nasi goreng. Kota Jamu itu terkenal dengan nasi goreng babatnya lho. Kamu bisa mencicipi cita rasa super mantap paduan antara babat dengan nasi. Bumbu yang digunakan juga banyak jenisnya, demi memberikan rasa yang lezat di lidah. Ada banyak warung nasi goreng di Semarang, biar kamu nggak  bingung, mungkin beberapa rekomendasi tempat berikut ini bisa membantumu membuat pilihan.

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Pak Karmin [via instagram @herd89]

Nasi Goreng Pak Karmin [via instagram @herd89]

Kamu akan menemukan kesederhanaan saat berkunjung ke warung Pak Karmin yang terletak di dekat Jembatan Mberok. Menu spesial di sini adalah nasi goreng babat dengan rasa yang mantap. Meski tempatnya sederhana, tapi kamu akan menemukan kepuasan saat makanannya mampir ke mulutmu. Lokasi warung Pak Karmin ini ada di wilayah Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

2. Nasi Goreng Babat Haji Slamet

nasi Goreng Haji Selamet [image source]

nasi Goreng Haji Selamet [image source]

Nasi goreng Babat memang mudah ditemukan di Semarang. Salah satu yang terkenal adalah warung Haji Slamet. Di sini, kamu bisa memesan nasi goreng dengan campuran babat. Rasanya mantap, apalagi jika kamu menikmatinya bersama dengan keluarga. Oleh karena itu, segera datang ke Jalan Citarum, Bugangan, Semarang Timur, Kota Semarang untuk mencicipi cita rasanya.

3. Nasi Goreng Padang Bangjo

Nasi Goreng Padang [via instagram @mahardikapriyanesti]

Nasi Goreng Padang [via instagram @mahardikapriyanesti]

Mulai muncul sekitar tahun 2006, saat ini nasi goreng Padang Bangjo telah tumbuh menjadi produk kuliner terkenal di Semarang. Yang membuatnya beda dari menu di tempat lain adalah penggunaan bumbu yang banyak dan beragam, jadi cita rasanya begitu khas. Alamat kedai Nasi Goreng Padang Bangjo  ada di Jalan Sultan Hasanudin Blok I No. 8, Semarang Utara, Jawa Tengah. Buka mulai jam 12 siang hingga 10 malam.

4. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Pak Taman [via instagram @akucintamakanansemarang]

Nasi Goreng Pak Taman [via instagram @akucintamakanansemarang]

Warungnya berada di pinggir jalan besar, jadi kamu tidak akan kesulitan jika ingin mencari lokasi warung nasi goreng babat Pak Taman. Rasanya yang enak, membuat nasi goreng Pak Taman ini selalu diburu oleh pencinta kuliner. Kamu juga harus mencoba menu andalannya berupa nasi goreng babat gongso. Letak persisnya ada di Jl. Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang.

5. Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi Goreng Hengky [via instagram @sasmitaedo]

Nasi Goreng Hengky [via instagram @sasmitaedo]

Nasi Goreng Babat Hengky berada di  Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Semarang. Tentu saja menu andalannya adalah nasi goreng babat. Namun, bagi kamu yang nggak begitu suka dengan babat bisa mencoba menu alternatif seperti nasi goreng telur. Ada macam-macam olahan babat di sini, sebut saja babat gongso. Bahkan paru sapi goreng juga tersaji dengan rasa yang mantap.

6. Nasi Goreng Mak Otong

Nasi Goreng Mak Otong [via instagram @silverroy]

Nasi Goreng Mak Otong [via instagram @silverroy]

Nama Mak Otong cukup terkenal di Semarang sebagai tempatnya nasi goreng enak. Salah satu menu andalan di sini adalah nasi goreng negro. Disebut begitu karena warnanya hitam menyerupai kulit orang-orang Negro. Karena dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan, maka rasanya jadi begitu khas dan mantap. Warung Mak Otong ini ada di Jl. KS Tubun, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

7. Nasi Goreng Ijo

Nasi Goreng Ijo [via instagram @hariharisemarang]

Nasi Goreng Ijo [via instagram @hariharisemarang]

Nasi goreng ijo adalah salah satu menu di kafe Hari-Hari Semarang, rasanya yang enak membuat makanan tersebut jadi andalan. Warna yang hijau memberikan keunikan sendiri yang pasti jarang kamu temukan di tempat lain. Harganya juga murah, buktikan sendiri dengan datang ke Jalan Abdulrahman Saleh No. 18, Semarang. Pilih menunya dan nikmati hidangannya.

8. Nasi Goreng Ruwet

Nasi Goreng Ruwet [via instagram @instafoodsemarang]

Nasi Goreng Ruwet [via instagram @instafoodsemarang]

Nasi goreng ruwet adalah salah satu kuliner khas Semarang selain nasi goreng babat. Soal rasa juga nggak kalah enak, justru kamu akan menemukan keunikan yang membuat lidahmu puas dan terus saja ingin mencoba. Salah satu kedai nasi goreng ruwet yang bisa kamu temukan di Semarang terletak di Jl. Ki Mangunsarkoro. Ada tambahan ayam dan telor agar rasanya makin mantap lagi. Untuk satu porsinya kamu harus merogoh kocek sekitar Rp. 16 ribu.

Itulah beberapa tempat makan yang menyajikan menu berupa nasi goreng. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu sudah menentukan ke mana kamu akan pergi untuk mencicipi nasi goreng di Semarang?

 

 

Sumber : (Travelingyuk.com)