Saat Sarjana Lulusan Seni Rupa Curhat Sulitnya Cari Kerja ke Anies

Foto Anies Baswedan

Liputansaku.com, Jakarta – Seorang wanita di Rusun Karet Tengsin, Jakarta Pusat mengeluh Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan soal sulitnya mencari pekerjaan. Wanita bernama Aniek tersebut merupakan sarjana lulusan jurusan seni rupa.

“Orangtua bahkan menyalahkan saya, katanya saya salah jurusan,” kata Aniek saat Anies menyapa warga di Rusun Karet Tengsin, Jalan Karet Pasar Baru Barat I, RT 04 RW 07 Kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2016).

Sebagai lulusan seni rupa, Aniek mengaku beberapa perusahaan menolak lamaran kerjanya. Kesulitannya makin terasa saat dirinya merasa kurang memiliki modal untuk berwirausaha.

“Saya ingin memulai usaha Pak, namun modalnya kurang. Saya juga belum begitu tahu bagaimana cara memasarkan dan mengembangkan barang karya seni,” jelas wanita lulusan ISI Yogyakarta itu.

“Saya ingin sukses pak, tapi juga dalam bidang dan pilihan saya yakni seni rupa,” tambahnya.

Menanggapi keluhan Aniek, Anies mengatakan tidak ada lulusan yang salah memilih jurusan. Jurusan seni disebutnya memiliki masa depan yang cerah.

“Bilang ke orangtua anda bahwa jurusan seni malah memiliki masa depan yang cerah,” pesannya.

Anies mengatakan lulusan seni memiliki banyak kreatifitas dan inovasi. Lulusan jurusan seni rupa dituntut untuk menciptakan hal baru.

“Kadang orangtua tidak tahu, model baju itu seni, bahkan gambar saya di poster ini pun seni,” ujarnya.

Jika terpilih menjadi gubernur, Aniek dijanjikan Anies akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat seninya dengan berwirausaha. Pemberian modal untuk para perempuan merupakan bagian dari program Anies-Sandi.

“Bukan hanya modal hingga Rp 50 juta, tetapi juga akan diberikan pendampingan bahkan dicarikan pasar untuk menjual produk kesenian,” ujar Anies.

 

 

 

 

 

Tempo.co