Rossi dan Vinales Uji Coba di Sepang

Dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales kembali ke sirkuit Sepang pekan ini. Mereka kembali menggelar uji coba prototipe motor Yamaha 2017 di sana.

Tim Yamaha berusaha menjaga kerahasiaan uji coba motor ini. Meski demikian, kegiatan ini diketahui dari status tulisan Maverick Vinales di media sosial.

Ia mengunggah foto dua buah helm dan perlengkapan balapnya di laci dengan tanda nomor balap 25. “Sangat puas dengan hari ini..,” tulis Vinales di akun Instagramnya, Rabu (23/11).

Beberapa hari sebelumnya, Vinales memperlihatkan foto saat sedang berada dalam pesawat menuju Malaysia pada Minggu (20/11) lalu. “Uji coba Malaysia #25gang #mv25 #MVK,” tulis Vinales di Facebooknya.

Mereka menggelar uji coba di Sepang pada saat beberapa pebalap lain dari tim Suzuki, Aprilia, dan KTM menggelar uji coba di sirkuit Jerez. Uji coba di Jerez juga dilakukan oleh pebalap satelit Honda dan Ducati.

Uji coba hari yang dilakukan Yamaha melibatkan Rossi dan Vinales. Mereka melakukan uji coba untuk prototipe motor baru 2017. Namun tak ada keterangan resmi dari tim Yamaha terkait uji coba yang dilakukan ini. Tim memilih untuk tutup mulut terkait uji coba Rossi-Vinales dengan prototipe baru itu.

Seperti yang terjadi pada tes sebelumnya di Valencia, adaptasi dilakukan oleh Maverick untuk sepeda motor versi 2017. Motor terasa sangat cepat.

Pebalap Spanyol ini biasanya sangat jarang menuliskan kegiatan uji coba di jejaring media sosial, namun kali ini dia sering menuliskan aktivitasnya baik meelalui Facebook, Instagram, maupun twitternya.

Sebuah komentar positif ditulis oleh pebalap yang baru dikontrak Yamaha itu. Ia menyadari pekerjaan yang dilakukan di trek dalam pertama dari dua hari sangat memuaskan. Ia puas dengan hasil pengujian motor, seperti halnya saat uji coba di Valencia.

Menjelang balapan 2017, Vinales makin diperhitungkan untuk persaingan juara dunia MotoGP tahun depan. Hingga selesai uji coba pramusim 2017 pertama di Valencia, dia tetap konsisten mencetak waktu tercepat.

ada uji coba di sirkuit Valencia yang berakhir Rabu (16/11) waktu setempat, Maverick Vinales menyelesaikannya dengan menjadi pebalap yang ada di posisi paling atas dalam daftar catatan waktu pebalap selama hari kedua dari debutnya mengendari motor Yamaha M1 selama pengujian motor resmi di Valencia.

Ini menjadi awal sempurna Vinales mengendarai motor Yamaha. Sebelumnya, pada hari pertama dia juga perkasa menjadi yang tercepat.

Menjadi pebalap yang mencetak waktu tercepat pada debutnya memakai motor Yamaha M1 membuat Maverick Vinales bangga. Banyak yang mengaku terkejut melihat hasil uji coba pramusim Vinales di Valencia.

Vinales menduduki posisi puncak pada hari pertama uji coba MotoGP musim 2017. Catatan waktunya adalah 1 menit, 30,930 detik.

“Hari yang sempurna, Maverick Vinales tidak hanya jadi yang tercepat tapi dia mengesankan memberi kami umpan balik,” kata Manajer Yamaha, Massimo Meregalli.

Di antara mereka yang ganti tim dan ganti motor untuk musim 2017 adalah juara MotoGP tiga kali, Jorge Lorenzo mengendarai motor Ducati, Vinales dengan motor Yamaha, Andrea Iannone dengan motor Suzuki, Bradley Smith dan Pol Espargaro dengan motor KTM, Aleix Espargaro dengan motor Aprilia, ditambah Alvaro Bautista dan Karel Abraham dengan motor Aspar.

Sumber : Tribunnews