Rooney Kedapatan Mabuk, Apa Kata Jose Mourinho?

Wayne Rooney terancam kehilangan ban kaptennya di timnas Inggris karena kedapatan mabuk usai tampil melawan Skotlandia, pekan lalu. Jose Mourinho selaku manajer Manchester United pun ikut angkat bicara tentang hal ini.

Dalam jumpa pers jelang duel MU Vs Arsenal, Mourinho mengisyaratkan agar Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) tidak melanjutkan penyelidikan terhadap pemainnya tersebut. Sebab menurutnya, hal itu berpotensi mengganggu mental bertanding Rooney jelang duel krusial yang akan berlangsung di Stadion Old Trafford, malam ini, Sabtu (19/11/2016).

Meski demikian, Mourinho mengklaim bahwa Rooney siap tampil melawan The Gunners meski telah dipulangkan dari timnas. “Ketika pemain bergabung dengan tim nasional, dia jadi milik timnas,” kata Mourinho.

“Sejak kecil saya belajar, jika seseorang meminjamkan sesuatu, maka saya harus menjaganya melebihi barang saya. Di sekolah, jika temanmu meminjamimu pensil, Anda harus merawatnya lebih baik dari punyamu sendiri,” bebernya.

The Special One menambahkan, bila suatu hari dia menjadi manajer timnas, dia akan selalu mengingat pesan tersebut.

“Saya tidak katakan saya akan sukses. Saya tidak dalam posisi mengkritisi Gareth (Southgate) atau siapapun,” katanya.

“Tapi saya pikir Anda harus membangun sesuatu melindungi apa yang bukan milikmu dan telah dipinjamkan kepadamu,” ujar Mourinho.

Rooney tertangkap kamera tengah mabuk-mabukan di hotel timnas Inggris usai tampil melawan Skotlandia, pekan lalu. Foto-foto Rooney dalam kondisi teler kini beredar di media-media Inggris.

Mourinho tidak menegur Rooney atas kejadian ini. Sebaliknya, The Special One justru menyalahkan FA. Mourinho juga mengatakan, mustahil melindungi pemain dari kritik yang mengarah kepadanya.

“Meskipun Anda membangun tembok di sekitar mereka, agar merasa mereka terlindungi dari apa yang orang-orang ingin tulis, dinding itu pasti selalu punya sisi rapuhnya. Pasti ada sedikit lubang,” katanya.

Mourinho juga menganggap para pemain timnas Inggris lainnya layak mendapat kritik yang lebih hebat dari Rooney. “Jika Anda lihat satu per satu dari 23 pemain Timnas Inggris, mereka bahkan ada yang lebih buruk dari mabuk di hotel.”

(sumber:liputan6)