Rendang dan Soto Betawi, Mana yang Harus Dicoba Dubes Baru AS ?

Amerika Serikat menunjuk Joseph Donovan sebagai duta besar mereka yang baru untuk Indonesia. Pria yang kerap disapa Joe ini menggantikan diplomat sebelumnya, Robert Blake.

Sebelum tiba di Tanah Air, Dubes Joe melalui Facebook Kedutaan AS Jakarta melontarkan sejumlah pertanyaan. Dan itu ditujukannya kepada rakyat Indonesia.

“Indonesia punya banyak tempat indah dan makanan yang lezat, dari soto Betawi yang berasal dari Jakarta hingga rendang dari Padang. Apa yang saya dan istri saya, Mei Chou harus lakukan untuk pertama kali?”

“Tempat apa yang harus kami kunjungi dan makanan apa yang harus kami coba?”

Untuk membantu Dubes Joe, warga Indonesia dapat menulis jawaban tersebut di akun Facebook atau Twitter Kedutaan AS.

Penunjukkan Donovan untuk mengisi jabatan Dubes AS untuk Indonesia dilakukan Presiden Barack Obama pada Juli lalu.

Presiden ke-44 AS itu yakin bahwa penominasian Donovan dan sejumlah koleganya merupakan keputusan tepat menjelang akhir masa kepresidenannya.

“Saya yakin pengalaman dari mereka dan kerja keras yang mereka miliki dapat membantu kita menyelesaikan semua tantangan yang dihadapi Amerika,” ucap Obama seperti dikutip dari situs Gedung Putih, Selasa (19/7/2016).

“Saya begitu gembira atas pelayanan yang telah mereka lakukan. Saya menantikan bekerja bersama mereka,” kata Obama.

Informasi yang dirangkum Liputan6.com, Donovan merupakan pejabat karier Kementerian Luar Negeri AS. Dari rekam jejaknya, ia adalah salah satu diplomat Negeri Paman Sam yang ahli dalam urusan Asia Timur.

Donovan pernah menjabat sejumlah posisi penting. Di antaranya, Direktur Urusan Tiongkok dan Mongolia Kementerian Luar Negeri AS, Konsulat Jenderal AS untuk Hong Kong, dan Wakil Duta Besar AS untuk Jepang.

(sumber:Liputan6)