Renault Kembangkan Mesin Baru

Renault mengkonfirmasi bahwa tim mereka sedang mempersiapkan mesin baru untuk Formula 1 musim balap 2017.

“Kami melakukan beberapa perbaikan di pipeline. Kami akan punya mesin baru tahun depan. 100 persen baru. Sejauh ini semua progres sesuai dengan harapan,” ujar Renault team principal, Fred Vasseur, dikutip dari motorsport.com.

Vasseur menambahkan, mesin ini sudah dikembangkan sepanjang tahun. Selama enam sampai delapan bulan terakhir, ujarnya, peningkatannya sangat baik.

Hingga tahun ini, Renault mengandalkan mesin V6 1,6 liter turbocharged, yang pertama kali mereka perkenalkan pada 2014 lalu.

Namun, berdasarkan data, mesin ini kurang maksimal. Mobil yang menggunakannya sulit menjaga kecepatan sehingga pada akhirnya kurang kompetitif, apalagi jika dibandingkan dengan tim Mercedes sebagai juara.

Hingga musim 2016, mobil yang mengaspal di Formula 1 sama-sama menggendong mesin 1,6 liter turbo. Namun secara teknis yang lebih rinci, tiap tim punya desain yang berbeda, sehingga satu mesin lebih unggul dibanding yang lain.

Mesin sendiri, bersama sasis, merupakan komponen termahal dari sebuah jet darat Formula 1. Harganya mencapai US$ 7,7 juta atau setara Rp 103,6 miliar.

(sumber:Liputan6)