Rano Karno, Saya Tidak Suka Berenang Sendirian. Kenapa?

Gubernur Banten Rano Karno berfoto dengan foto Benyamin Sueb saat Pembukaan Pameran foto Tempo di Ruang Tunggu terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Tangerang - Banten, 2 Mei 2016. Pameran ini merupakan rangkaian peringatan ulang tahun 45 Tahun Tempo Majalah. TEMPO/Amston Probel

Liputansaku, Jakarta -Memiliki riwayat kesehatan pada tulang belakang membuat Rano Karno bingung melakukan olahraga. Dulu, sebelum ada keluhan sakit pada tulang belakang, Gubernur Banten ini masih rajin berolahraga bola, futsal, lari, tenis hingga sepeda.

“Sekarang olahraga yang disarankan ya berenang. Dokter bilang berenang olahraga yang bisa saya lakukan,” kata Rano pada acara Ngopi di kantor TEMPO di Palmerah Barat, Jakarta Selatan pada Selasa, 24 Januari 2016.

Rano mengakui di rumahnya punya kolam renang luas. Tetapi ia juga malas dan enggan berenang. Mengapa begitu?

“Di rumah ada kolam renang, tetapi enggak pernah juga berenang karena enggak asyik berenang sendirian,” ujar pria kelahiran Jakarta, 8 Oktober 1960.

Mengenakan busana dan ikat kepala serba hitam, Rano menceritakan olahraga yang disarankan berenang hanya dilakukan saat seluruh keluarganya kumpul.

“Kalau anak-anak, cucu kumpul baru asyik bisa berenang bareng dan ramai-ramai sampai puas. Tetapi sekarang anak-anak punya kehidupan dan kesibukan sendiri, maka kolam renang di rumah banyak nganggurnya.”

Kakek dua cucu ini mengatakan selain renang, untuk urusan kesehatan, Rano juga tak merokok lagi. “Saya hanya hanya minum kopi dan menjaga makan,” ujar sosok yang juga dikenal sebagai Si Doel Anak Betawi ini. Dia bersyukur suka makan menu tradisional, jadi bukan penyuka makanan serba daging.

“Soal makanan gampang kok. Saya suka makanan tradisional seperti kue cucur, kue pepe dan makanan tradisional. Kalau disuruh pilih dan ada pilihan makan menu tradisional saya pilih menu lokal,” ujar pemeran film remaja yang sempat populer di akhir tahun 70an yaitu filmĀ  Gita Cinta dari SMA, Puspa Indah Taman Hati dan Galih Ratna ini.

 

 

 

 

tempo.co