Rahasia Anies Baswedan Tetap Tenang Saat Debat

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, membeli buah segar sebelum meninggalkan lokasi kampanye di Ancol, Jakarta Utara. TEMPO/

Liputansaku,.com, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan rahasia agar selalu tenang saat dalam forum debat. “Saya cool saja, biasa saja, debat itu bukan proses mendadak,” kata Anies saat ditanyai cara mengendalikan diri dalam sebuah forum debat, Selasa, 24 Januari 2017.

Menurut Anies, kesiapannya dalam debat bukan semata-mata dipersiapkan dalam waktu dekat. Anies mengatakan kesiapannya terbentuk dari kebiasaannya hadir dalam forus sejak lama. ” Saya berdiskusi bedebat, sejak zaman sma, kuliah, dikritik di depan orang,” ujarnya.

Oleh karena itu, Anies sudah tidak merasa canggung lagi dalam forum perdebatan dan tidak terpancing emosi menghadapi lawan debatnya yang berbeda pandangan. “Jadi sudah biasa aja gitu, justru saya sering mengatakan lawan debat itu teman berpikir,” ucap Anies.

Anies tidak menganggap lawan debatnya sebagai rival, melainkan teman berdiskusi dengan tema-tema tertentu. “Kalau orang sudah bisa begitu, ada yang pandangannya berbeda pun, tenang-tenang aja, insya Allah,”  kata Anies.

Pada 27 Januari 2017 mendatang, debat kedua pasangan calon Gubernur DKI Jakarta akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Anies mengatakan sudah mempersiapkan untuk debat tersebut.

“Secara materi kita refresh data, tetapi secara substansi sebenarnya selama ini kita membicarakan semua, reformasi birokrasi, saya pun mengerjakan komponen kami ketika di birokrasi,” kata Anies.

 

 

 

 

tempo.co