Pulau Keren di Sumenep Madura, Suguhan Alam yang Memesona

 

Madura adalah tanah yang menyuguhkan keindahan, terutama dalam hal kecantikan baharinya. Jika kamu ingin melihat hamparan pasir pantai yang luas bisa datang ke kawasan Sumenep. Angin pantainya membawa aroma laut yang khas. Kalau ke Sumenep jangan cuma ke pusat kotanya saja, tapi sempatkan untuk menjelajahi pulau-pulaunya yang sekeren Lombok atau Bali. Kamu akan mendapatkan suguhan yang begitu mengagumkan. Biar makin puas keliling Sumenep, coba saja untuk island hopping atau loncat dari pulau ke pulau.

Tentunya nggak melompat beneran ya, tapi menggunakan kendaraan seperti speedboat atau kapal nelayan. Sempatkan juga untuk mengintip keindahan bawah lautnya dengan melakukan snorkeling di beberapa titik. Dijamin, kamu akan memiliki pengalaman yang tak akan terlupakan. Dari sekian banyak pulau di Sumenep, berikut ini adalah beberapa yang paling keren untuk dikunjungi.

1. Pulau Sapudi

Sumenep memiliki Pulau Sapudi yang cantik. Kamu akan setuju dengan pernyataan itu setelah melihat alamnya. Pasir pantai begitu serasi dengan birunya air laut. Jangan cuma berenang, tapi kamu bisa juga menyelam mengintip terumbu karang berbagai warna dan bentuk. Kecantikannya semakin terlihat dengan adanya ikan-ikan kecil berenang dengan gesit. Di sepanjang pantai terdapat kawasan mangrove agar lingkungan pantai tetap terjaga. Udara pun juga semakin sejuk.

 

Pulau Sapudi adalah daratan berpenghuni, jadi kamu akan langsung disambut oleh warga setempat saat datang ke sana. Dipercaya asal mula tradisi Kerapan Sapi di Madura berasal dari pulau yang dijuluki Podhay ini. Daratanya cukup luas dan dihuni oleh warga dari dua kecamatan yaitu  Kecamatan Nonggunong di Utara dan Kecamatan Gayam ada di Selatan.

pulau-sapudi

2. Pulau Mamburit

 

Pulau Mamburit juga menjadi salah satu andalan di Sumenep. Meski tidak seluas Pulau Sapudi, tapi keindahan alamnya nggak kalah kok. Hanya ada puluhan kepala keluarga di Pulau Mamburit, namun semuanya memiliki keramahan. Asal kamu tetap menjaga kesopanan, namanya juga ada di tempat orang. Jumlah penduduk setempat yang hanya segelintir orang, justru bisa membuatmu lebih dekat dengan mereka.Berbagai adat dan tradisi hingga kerajinan akan dikenalkan para pengunjung yang ingin lebih tahu dengan kebudayaan Madura. Waktu yang paling pas untuk mendatangi Pulau Mamburit adalah saat matahari akan terbenam. Pancaran cahaya matahari yang membias di lautan akan menjadi pemandangan alam yang indah. Puas mengelilingi pulau, kamu bisa mencicipi hidangan khas Mamburit seperti gorengan dan kopi panas.

Berbagai adat dan tradisi hingga kerajinan akan dikenalkan para pengunjung yang ingin lebih tahu dengan kebudayaan Madura. Waktu yang paling pas untuk mendatangi Pulau Mamburit adalah saat matahari akan terbenam. Pancaran cahaya matahari yang membias di lautan akan menjadi pemandangan alam yang indah. Puas mengelilingi pulau, kamu bisa mencicipi hidangan khas Mamburit seperti gorengan dan kopi panas.

3. Pulau Sapeken

 

Pulau Sapeken bukan hanya hamparan daratan saja, tapi juga ada flora dan fauna bawah laut yang memperkaya pulau tersebut. Ada beberapa titik snorkeling di Pulau Sapeken dengan keindahan terumbu kerang serta biota laut lain yang nggak kalah cantik. Karena banyaknya jenis ikan di sekitar Pulau Sapeken, penduduk setempat menganggapnya sebagai lumbung ikan. Sebagian besar penduduknya mengerti bahasa Sulawesi seperti Bahasa Bajau, Bahasa Mandar dan Bugis.

wisata-bahari-pulau-sapeken-2

 

 

Konon orang-orang yang menemukan pulau tersebut berasal dari Sulawesi.  Nggak mengherankan bila tradisi dan budayanya juga nggak jauh-jauh dari Sulawesi daripada Madura. Secara administratif pulau di bagian paling ujung Madura ini masuk dalam wilayah Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

4. Pulau Kangean

Pulau Kangean adalah permata yang berharga bagi Madura. Karena keindahan alamnya yang cantik, maka banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Kangean. Cantiknya itu bukan cuma sekadar pasir pantai yang luas dengan ombak tenang saja, tapi kondisi air lautnya begitu jernih memperlihatkan karang dan koral dengan berbagai bentuk. Karena yang paling mentereng dari Kangean adalah baharinya, maka kamu harus datang di saat waktu yang tepat.

kangean-3

Hindari musim hujan, karena saat gelombang sedang tinggi-tingginya kamu nggak bisa mengintip keindahan terumbu karang. Maka, sebaiknya datang sekitar Bulan April hingga November dengan begitu berbagai kegiatan seru bisa kamu coba. Ada diving, snorkeling, termasuk juga surfing atau selancar.

 

5. Gili Labak

 

Nama gili juga berarti pulau, sebutan tersebut populer di beberapa daerah terutama Lomok yang terkenal dengan Gili Trawangannya itu. Di Madura ada juga Gili Labak, Kamu bisa menyandingkan keindahan tempat tersebut dengan wisata bahari keren di Indonesia seperti Raja Ampat atau Maratua. Pemandangan alam dengan udara sejuk dari pepohonan di sekitar pantai akan membuat kamu betah lama-lama di Gili Labak. Bahkan saat ini Gili Labak telah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

4-4

Sama seperti tempat yang lain, kamu bisa mencoba olahraga snorkeling dan diving di Gili Labak. Jika tidak ingin terlalu repot dengan berbagai keperluan selama ada di Sumenep, kamu bisa bergabung dengan penyedia layanan perjalanan wisata ke Gili Labak. Cukup mengeluarkan sejumlah uang, kamu sudah bisa puas jalan-jalan dan kenyang di Gili Labak.

6. Gili Iyang

gili-iyang-5

Gili Iyang letaknya tidak begitu jauh dari Gili Labak dan masih termasuk wilayah Sumenep, tepatnya di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 28 km dari pusat Kota Sumenep. Karena keindahan terumbu karang di kedalaman lautannya. Gili Iyang banyak dijadikan tujuan olahraga diving. Disarankan untuk menggunakan pemandu selama berkunjung ke Gili Iyang karena sebagian besar penduduk setempat masih belum lancar menggunakan bahasa Indonesia.

Itulah beberapa pulau di Sumenep dengan keindahan mengagumkan. Persiapkan dirimu lengkap dengan budgetnya ya karena mungkin kamu nggak akan puas hanya keliling seharian saja.

Sumber : travelingyuk.com