Preview Manchester United vs Southampton: Demi Ambisi 4 Besar

LiputanDoku.com – Manchester United di bawah besutan pelatih interim Ole Gunnar Solskjaer akan mencoba melanjutkan tren positif mereka di Liga Inggris 2018/2019.

Man United akan menjamu tim papan bawah, Southampton di Old Trafford pada laga pekan ke-29 Liga Inggris 2018/2019, Sabtu (2/3/2019) malam pukul 22.00 WIB.

Seperti diketahui, Solskjaer memang sukses mentransformasikan Man United ke arah yang sangat positif, baik di dalam maupun di luar lapangan. Ya, Man United seperti jadi tim yang benar-benar berbeda semenjak Jose Mourinho didepak dari posisi pelatih kepala klub pada 18 Desember 2018 lalu, untuk digantikan Solskjaer.

Bersama Solskjaer, Man United sukses meraih 12 kemenangan dari 15 laga di semua ajang, dengan sisanya dua kali seri dan hanya sekali kalah, itu pun dari Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Sementara di Liga Inggris, Solskjaer berhasil membawa Man United meraih sembilan kemenangan dari 11 laga, tanpa pernah menelan kekalahan!

Laju fantastis itu membuat Man United mampu memangkas jarak 11 poin di posisi empat besar klasemen Liga Inggris 2018/2019, sehingga kini hanya berselisih satu angka dari Arsenal yang bercokol di peringkat keempat. Man United bahkan masih mungkin finis ketiga karena saat ini hanya tertinggal lima poin dari Tottenham Hotspur.

Tidak hanya itu, Man United masih berpeluang menggondol gelar  juara Piala FA. Paul Pogba dan kolega kini telah menapaki fase perempatfinal setelah sukses menyingkirkan Arsenal dan Chelsea, masing-masing di putaran keempat dan kelima.

Pelatih interim Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [Ian KINGTON / AFP]
Pelatih interim Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. [Ian KINGTON / AFP]

Sementara di sisi lain, Southampton juga berharap bisa melanjutkan performa bagus mereka usai merengkuh kemenangan vital nan krusial 2-0 atas Fulham di St. Mary’s Stadium, pada laga matchweek ke-28 tengah pekan ini.

Dengan kemenangan tersebut, Southampton berhasil keluar dari zona merah, setidaknya untuk sementara. Southampton saat ini bercokol di peringkat 17 klasemen Liga Inggris 2018/2019 dengan 27 poin dari 28 laga, terpaut dua poin saja dari zona degradasi.

Team News

Marcus Rashford dan Marcos Rojo telah pulih dari cedera masing-masing, sebagaimana keduanya masuk dalam jajaran pemain cadangan Man United di laga pekan ke-28 kontra tuan rumah Crystal Palace tengah pekan ini, di mana Setan Merah menang 3-1.

Meski demikian, pertanyaan besar terkait kebugaran masih menyelimuti sederet pemain utama Man United. Ya, beberapa penggawa Setan Merah memang diganggu cedera minor.

Yang pasti, Man United dipastikan masih kehilangan Ander Herrera, Jesse Lingard, Juan Mata, Nemanja Matic dan Antonio Valencia. Sedangkan Phil Jones, Anthony Martial dan Matteo Darmian kemungkinan sudah fit untuk ikut ambil bagian.

Mengingat hal ini, Solskjaer pun diyakini akan sulit untuk melakukan rotasi pemain di laga kontra Southampton besok. Padahal kebijakan rotasi dirasa perlu karena Man United akan menjalani leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra tuan rumah PSG pada tengah pekan depan, yang disusul laga tandang kontra tuan rumah Arsenal pada pekan ke-30 Liga Inggris akhir pekan depan.

Dari kubu Southampton, penyerang muda penuh talenta, Michael Obafemi telah dipastikan absen di sisa musim ini karena cedera hamstring. The Saints juga dipastikan tanpa gelandang andalan mereka, Mario Lemina di Old Trafford, juga karena cedera.

Head-To-Head

Man United hanya memenangi satu dari lima laga kandang mereka di pentas Liga Inggris melawan Southampton, semenjak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013 lalu. Padahal sebelumnya Man United sukses memenangi 13 dari 14 laga kontra Southampton.

Southampton sendiri sukses memaksakan hasil seri pada dua laga terakhir mereka melawan Man United, termasuk imbang 2-2 pada pertemuan pertama kedua tim di Liga Inggris musim ini, yakni di St. Mary’s Stadium pada 2 Desember 2018 lalu.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United XI: De Gea; Young, Smalling, Lindelof, Shaw; Fred, McTominay, Pogba; Mata, Lukaku, Rashford.

Pelatih Interim: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Southampton XI: Gunn; Bednarek, Yoshida, Vestergaard; Valery, Ward-Prowse, Romeu, Hojbjerg, Bertrand; Armstrong, Redmond

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.