Presiden Jokowi: Yang Pasti Saya Salat Jumat

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Makassar Sulawesi Selatan, Jokowi juga menemui ulama se-Sulawesi Selatan. TEMPO

Liputansaku, Jakarta – Aksi Super Damai tengah berlangsung di silang Monumen Nasional, Jakarta, 2 Desemeber 12106. Selain menggelar zikir dan doa, peserta aksi juga akan melaksanakan salat Jumat. Presiden Joko Widodo mengatakan belum memutuskan akan salat Jumat di mana. “Yang jelas saya salat Jumat. Di mananya belum (tahu),” kata Presiden Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno.

Kendati demikian, Jokowi berharap kepada para peserta aksi Super Damai berjalan sesuai dengan komitmen yang sudah disepakati. “Katanya aksi super damai. Super loh ya,” kata dia. Biasanya Presiden Jokowi melaksanakan salat Jumat di Masjid Baiturrahim yang berada di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta. Seringkali Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut mendampingi presiden bila tidak ada kunjungan kerja keluar kota.

Menanggapi penangkapan terhadap sejumlah aktivis yang diduga hendak melakukan makar, Jokowi meminta agar ditanyakan langsung kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian. Ia mengatakan hendaknya dipilah antara peserta aksi yang menggelar zikir dan doa serta penangkapan aktivis. “Ditanyakan Kapolri saja. Tanyakan detail kepada Kapolri,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengunjungi proyek renovasi komplek Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta. Kunjungan ini dalam rangka melihat persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Ikut mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto. Jokowi berharap November 2017 renovasi Stadion GBK dan arena olahraga lainnya bisa selesai. “Nilai kontraknya Rp 3 triliun,” kata Jokowi.

 

 

 

 

 

 

 

tempo.co