Prediksi Singapura vs Indonesia 25 November 2016

Tim nasional Indonesia akan memperjuangkan satu tiket lolos ke semifinal Piala AFF 2016 pada laga pamungkas melawan Singapura, Jum’at (25/11) di Riza Memorial Stadium, Filipina. Sementara satu jatah lolos yang lain sudah menjadi milik Thailand.

Jika ingin lolos ke semifinal, tidak ada pilihan lain bagi tim asuhan Alfred Riedl selain memenangkan pertandingan melawan Singapura. Hal yang sama juga berlaku bagi kubu Singapura. The Lions juga berpeluang ke semifinal jika mampu mengalahkan Indonesia.

Meski begitu, nasib kedua tim ini akan sangat tergantung pada hasil laga Thailand melawan Filipina. Jika sang tuan rumah mampu menang, maka kans Indonesia dan Singapura untuk lolos dipastikan kandas.

Menang melawan Singapura bukan hal yang mustahil mampu diraih oleh Indonesia. Tapi tentu saja ini bukan perkara yang mudah. Dari dua laga di Piala AFF, gawang Singapura yang dikawal oleh Hassan Sunny baru kebobolan satu gol. Paling sedikit di antara kontestan lain. Pertanda bahwa lini pertahanan mereka cukup solid.

Selain itu, tim racikan Varadaraju Sundramoorthy juga sangat piawai memainkan taktik parkir bus. Bek senior Daniel Bennett menjadi tumpuan di lini belakang untuk menjalankan taktik ini. Sementara Hariss Harun dan Khairul Amri menjadi andalan untuk melakukan serangan balik.

Riedl sendiri mengaku cukup optimis mampu menembus ketatnya pertahanan Singapura. Pelatih Austria ini bahkan berani sesumbar akan mencetak tiga gol. Ia nampaknya cukup puas dengan kinerja Boaz Salossa dan kolega yang sejauh ini sudah mencetak 4 gol di Piala AFF ini.

“Ya tentu saja kami berharap bahwa kami bisa menerobos pertahanan mereka. Meskipun pertahanan mereka sejauh ini sangat baik. Kami akan tampil menyerang. Mudah-mudahan kami bisa mencetak dua atau tiga gol,” sumbar Riedl.

Pelatih 67 tahun ini boleh saja sesumbar akan mencetak tiga gol. Tapi, tentu saja ia tidak boleh melupakan buruknya performa lini belakang timnas pada dua laga terakhir. Sudah enam gol bersarang ke gawang Kurnia Meiga hanya dari dua laga di Piala AFF. Bukti bahwa koordinasi di lini belakang masih buruk.

Perkiraan Susunan Pemain:
Singapura (4-5-1): Hassan Sunny: Abdul Hameed, Mohana, Daniel Bennett, Shakir Hamzah; Juma’at Jantan, Baharudin, Hariss Harun, Mohan Kumar, Faris Ramli; Khairul Amri.
Indonesia (4-4-2): Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Fachruddin, Yanto Basna, Abduh Lestaluhu; Rizky Pora, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah; Ferdinand Sinaga, Boaz Salossa.

Prediksi Skor:
Lini depan timnas Indonesia yang menunjukkan kinerja memuaskan dalam dua laga di Piala AFF akan mendapatkan ujian dari tembok pertahanan Singapura. Kecepatan Andik Vermansah yang dipadu oleh ketajaman Boaz Salossa akan menjadi andalan.

Jika lini belakang Indonesia mampu tampil prima, bukan mustahil Indonesia mampu mengalahkan Singapura. Peluang tetap terbuka bagi Skuat Garuda untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016.

(sumber:Bola.net)