Polri akan cetak satpam profesional dan andal

Direktur Bimbingan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Terr Pratiknyo mengatakan kepolisian akan memberikan pelatihan kepada Satuan Pengamanan (Satpam) untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan diri Satpam. Terr juga menambahkan, perayaan ultah Satpam ke-36 tahun ini digelar di Polda Metro Jaya adalah sebagai salah satu wujud implementasi kepedulian Polri kepada Satpam.

“Satpam itu mendukung Polri dalam melakukan pengamanan. Mereka harus mendapatkan pemahaman bahwa profesi mereka adalah sebuah profesi yang betul-betul bagus,” kata Terr di sela-sela meriahnya perayaan Hut Satpam, di Lapangan Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Minggu (18/12).

Terr juga menambahkan, peringatan HUT Satpam kali ini merupakan perayaan terbesar dan belum pernah terjadi sebelumnya.

“Upacaranya nanti sekitar tanggal 8 Januari kita akan kerahkan sebanyak 30.000 Satpam di wilayah Metro Jaya. Kita ingin membangun kepercayaan diri pada Satpam bahwa ‘saya adalah profesi yang punya nilai sendiri’,” terangnya.

Terr menjelaskan, nantinya akan ada bentuk kerja sama antara Polri dengan Satpam dalam bentuk pembinaan.

“Mereka dapat pembinaan berupa pengetahuan ke-Satpam-an, pelatihan beladiri, tentang profesionalisme juga tentang pelayanan masyarakat,” lanjutnya.

Terr berharap kegiatan ini akan membuahkan Satpam-satpam yang profesional dan andal.

“Tentunya kita (Polri) selalu memberikan harapan dan agar mereka (Satpam) juga bisa memantapkan diri dalam keamanan lingkungan,” ungkapnya.

“Harus sering berlatih karena Satpam adalah dambaan masyarakat dalam hal keamanan lingkungan,” tandasnya.

Sumber : merdeka.com