Pesawat Turki Menimpa Rumah dan Tewaskan 37 Orang, Salah Pilot?

Insiden mengenaskan terjadi di Kirgizstan. Pesawat kargo milik Turkish Airlines jatuh dekat Bandara Manas, menimpa pemukiman, dan menyebabkan puluhan orang tewas.

Kesimpulan sementara jatunya pesawat pun sudah diumumkan Otoritas Kirgizstan. Negara tersebut menyatakan, insiden ini terjadi karena kesalahan manusia.

“Dari informasi pendahuluan, kecelakaan pesawat ini terjadi akibat kesalahan pilot,” sebut Deputi PM Kirgizstan Muhammetkaly Abulgaziev, seperti dikutip dari AFP, Selasa (17/1/2017).

Sampai saat ini korban tewas insiden ini mencapai 37 orang.

Insiden ini bermula ketika pesawat itu mencoba untuk mendarat karena kabut tebal namun akhirnya jatuh pada Senin pukul 07.30 waktu setempat.

Empat pilot termasuk yang tewas, beserta sejumlah warga lokal, ketika Boeing 947 itu jatuh menimpa rumah mereka. Demikian kata Menteri Kesehatan Kirgiztan.

Pesawat Turkish Airlines terbang ke Istanbul dari Hong Kong lewat ibu kota Kirgiztan, Bishkek.

Kementerian kesehatan mengatakan, pesawat itu jatuh menimpa pemukiman Dacha, sebuah kompleks perumahaan di luar kota di negara bekas jajahan Uni Soviet itu.

“Setelah jatuh, dua rumah di kawasan itu terbakar. Pihak pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api,” demikian pernyataan kementerian.

Sumber : tribunnews