Persib Bandung Targetkan Poin Penuh di Kandang Barito Putera

Pesepakbola Persib Bandung Tony Sucipto (kanan) mengejar bola dengan kawalan pesepakbola Arema Cronus Antonio Putro Nugroho (kiri) pada laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, 27 Agustus 2016. ANTARA/Fahrul Jayadiputra

Liputansaku.com, JBanjarmasin – Persib Bandung akan menjalani laga tandang melawan Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Ahad, 4 Desember 2016. Meski bermain di markas Barito, Persib optimistis bisa mencuri poin penuh pada laga lanjutan pekan ke-32 Indonesia Soccer Championship 2016.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurjaman, mengatakan anak asuhnya siap meladeni permainan agresif Barito Putera. Menurut dia, mental pemain Maung Bandung sedang on firesetelah menekuk Perseru Serui dengan skor 6-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu, 30 November 2016.

“Kami harus meraih tiga poin untuk menjaga asa di papan atas,” kata Djajang saat konferensi pers di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu, 3 Desember 2016.

Pada laga ini, penyerang Persib, Sergio van Dijk absen. Meski tanpa Sergio di lini depan, Djadjang tetap menginstruksikan pemainnya tampil impresif.

Djadjang mengakui, absennya Sergio akan berpengaruh pada ketajaman serangan. Sebab, penampilan Sergio menunjukkan grafik positif dalam tujuh pertandingan terakhir.

Untuk mengantisipasi kondisi itu, Djadjang menyiapkan Tantan, Yandi Sofyan, atau Samsul Arif sebagai penggantinya. Djadjang berharap strateginya berjalan maksimal di lapangan.

“Jadi secara tim enggak jauh berkurang. Seperti laga sebelumnya yang tidak diperkuat dua pemain inti di jantung pertahanan,” ujar Djadjang.

Djadjang tak mau meremehkan Barito meski tim besutan Yunan Helmi kini berada di urutan bawah klasemen sementara ISC 2016.

Ia sudah mengantongi pemain Barito yang perlu diwaspadai, seperti Luis Carlos Junior, Dedy Hartono, Adam Alis, dan Paulo Sitanggang. Apalagi Luis Carlos Junior kerap mencetak gol ketika bertanding di kandang sendiri.

“Barito tim komplet, banyak pemain muda dan cukup energik. Kami berusaha jangan sampai kebobolan lebih dulu, kerja keras, ngotot, dan kolektif,” kata Djadjang.

Adapun pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, berharap tim asuhannya bisa melanjutkan tren positif setelah sebelumnya megalahkan Pusamania Borneo FC 1-0 pada Kamis, 1 Desember 2016.

Saat menghadapi Persib, Yunan akan merotasi pemainnya. Sebab, dua pemain andalannya Hansamu Yama dan Rizki Pora masih memperkuat tim nasional di ajang Piala AFF, M. Robi harus absen akibat akumulasi kartu, dan jeda waktu pertandingan menghadapi Pusamania dan Persib hanya dua hari.

“Itulah gunanya punya 26 pemain, semua pemain penting buat tim, jadi ada rotasi pemain,” kata Yunan.

Ia berharap tim asuhannya bisa mengalahkan Persib. Menurut Yunan, kemenangan atas Persib bisa mendongkrak posisi timnya ke papan tengah klasemen ISC 2016. Dia pun mendorong pemainnya agar memiliki motivasi lebih untuk mengalahkan Persib.

Saat ini, Barito berada di urutan ke-16 atau nomor tiga dari bawah dengan 28 poin. Adapun Persib Bandung nangkring di urutan ke-8 dengan torehan 47 poin.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tempo.co