Perbasi Cup Dianggap Pramusim IBL, Begini Penjelasan Ketum PB Perbasi

Jakarta – Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih menampik anggapan Perbasi Cup merupakan ajang pramusim Indonesian Basketball League (IBL). Perbasi Cup disebutnya tak berhubungan dengan liga.

Usai IBL musim lalu, klub-klub kontestan IBL dibuat cemas. Mereka tidak mempunyai acuan jelas untuk menggelar latihan karena belum adanya kejelasan jadwal turnamen pramusim dan liga.

Sampai akhirnya muncul agenda Perbasi Cup yang dijadwalkan mulai 23-30 Oktober lalu di Jakarta yang diikuti sepuluh tim IBL–dan pada akhirnya memunculkan Satria Muda sebagai juara. Padahal pada bulan-bulan ini semestinya digelar turnamen pramusim IBL.

“Perbasi Cup bukan pre-season. Ajang itu merupakan salah satu acara dari ulang tahun Perbasi pada 23 Oktober kemarin. Makanya saya dengar kok ada orang bilang itu untuk menutupi IBL. Kita itu ingin basket itu maju atau mundur? Kalau ingin maju, harusnya penilaian seperti itu tidak ada,” kata Danny kepada detikSport lewat sambungan telepon Selasa (8/11/2016).

“Mengadakan ulang tahun mengundang IBL salah, tidak diundang salah juga. Sekarang begini, ini ulang tahun Perbasi yang hampir 15 tahun tidak pernah dirayakan. Nah, saya ingin merayakan dan saya minta kepada seluruh pengurus Perbasi untuk merayakannya pada tanggal 23 oktober, supaya semua orang tahu Perbasi itu ulang tahun ke 65 tahun,” lanjut dia.

Status Perbasi Cup sebagai turnamen yang tidak menjadi ajang pramusim IBL itu ditegaskan dengan keikutsertaan 10 tim saja. “Iya, dong. Harusnya semua tim ikut (kalau pramusim). Jadi kami hanya memperingati saja, tidak ada hubungan dengan liga-lah. Malah sebelumnya saya ingin mengundang empat tim asing. Tapi diputuskan tim lokal saja.”

Danny mengakui ketiadaan pramusim itu dikarenakan persoalan dana oleh promotor liga yang sempat dikabarkan belum melunasi subsidi kepada klub-klub kontestan IBL.

“Kalau masalah promotor itu masalah dana. Tetapi sekarang kan sudah diambil alih Perbasi semua. Kekurangan dari promotor kami yang bayar semua. makanya sudah beres kan,” sebut Danny.