Perayaan Tahun Baru di Merapi Hanya Boleh Sampai Pasar Bubrah

Naik gunung saat malam tahun baru merupakan salah satu bentuk perayaan yang biasa dilakukan. Khusus di Gunung Merapi, pendakian dibatasi hingga ke Pasar Bubrah.

“Jalur pendakian sampai Pasar Bubar, tidak boleh ke atas karena tidak stabil. Kita koordinasikan dengan petugas,” kata Kepala Pusat Vulkanologoi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kasbani, Rabu, 14 Desember 2016.

Kasbani mengatakan pihaknya hanya memiliki kewenangan merekomendasi batas pendakian ke Gunung Merapi. Untuk pendaki yang nekat ke puncak Gunung Merapi akan diserahkan pihak terkait, yaitu BTNGM.

Ia juga sudah menjalin koordinasi jika ada pendaki yang nekat sampai puncak Gunung Merapi. “Kami akan koordinasikan dengan taman nasional untuk sanksi,” ujar Kasbani.

Kasbani mengaku saat ini Gunung Merapi berstatus normal. Namun, rekomendasi tetap dilakukan hanya sampai Pasar Bubar demi keamanan para pendaki.

“Di sana kan ada banyak gas, kan masih keluar. Freatik juga terjadi tahun 2014. Sekarang masih normal, masih sangat jarang, masih jarang detak jantungnya,” ujar Kasbani.

(sumber:Liputan6)