Penyiar Radio BBC Dipecat Karena Samakan Bayi Meghan Markle dengan Simpanse

LiputanDoku.com – Penyiar radio BBC dipecat akibat cuitannya di Twitter yang dinilai mengandung unsur rasis. Danny Baker, sang penyiar, dianggap telah menghina bayi baru di kerajaan Inggris, yakni putra dari Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Dilansir dari CNN, Jumat (10/5/2019), melalui cuitan yang diposting pada Rabu, 8 Mei lalu, presenter berita BBC Radio 5 Live itu menulis, “Royal baby leaves hospital (Bayi kerajaan meninggalkan rumah sakit)” dengan menyertakan foto hitam-putih lelaki dan perempuan yang berpegangan tangan bersama simpanse dalam setelan coat dan topi.

Cuitan itu pun langsung menulai komentar dari netizen. Namun, di tengah serangan warga net, Danny Baker langsung menghapusnya dan memposting cuitan baru untuk mengklarifikasi postingan sebelumnya.

Ia menyatakan bahwa tweet itu hanya lelucon dan tidak bermaksud membuat orang-orang marah. Danny Baker beralasan ada konotasi yang keliru dari postingan tersebut

Dalam pesan kedua, Baker mengatakan bahwa tweet itu seharusnya menjadi lelucon tentang Royals vs hewan sirkus dalam pakaian mewah. Namun sayang, malah diartikan sebagai monyet dan rasis. Jadi dia harus menghapus postingan tersebut.

Sehari berselang, Baker menyatakan telah melakukan kesalahan besar. Juru bicara BBC, tempatnya bekerja juga menyampaikan hal yang sama sekaligus mengumumkan pemecatan Baker.

“Ini adalah kesalahan serius dan bertentangan dengan nilai-nilai yang ingin kami wujudkan sebagai media berita. Danny adalah penyiar yang brilian tetapi kini tidak akan lagi hadir setiap pekan untuk mengudara menyapa pendengar bersama kami.”

Setelah pengumuman itu, Barker pun memberikan tanggapan lewat Twitter. Ia merasa telah ‘dibuang’ oleh media tempatnya bekerja.

Pasangan Pangeran Harry dan Duchess of Sussex sendiri dikaruniai anak pertama pada Senin pagi (6/5/2019). Namun, bayi yang diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor baru diperkenalkan ke publik pada Rabu pagi (8/5/2019).

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.