Pentingnya Keseimbangan Nutrisi untuk Bayi Usia 6-24 Bulan

Pada usia 0-6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi masih bisa terpenuhi dari ASI. Setelah lewat usia tersebut terutama 6-24 bulan, kecukupan nutrisinya tak cukup dari ASI saja melainkan perlu dilengkapi dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi haruslah bervariasi dan bernutrisi seimbang. Karena setiap makanan memiliki nutrisi dan manfaat masing-masing yang dibutuhkan oleh bayi.

Bila anak usia 6-24 bulan kurang mendapat asupan nutrisi seimbang, dikhawatirkan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikologis anak akan terhambat. Misalnya, bayi kegemukan, terlalu kurus, pertumbuhan terhambat (gigi, tulang).

Karena setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh memiliki fungsi sendiri-sendiri, pastikan bayi usia 6-24 bulan mendapatkan nutrisi seimbang sebagai berikut :

1. Protein

Protein berfungsi untuk membentuk sel-sel baru yang akan menunjang proses pertumbuhan seluruh organ tubuh, juga pertumbuhan, dan perkembangan otak anak.

2. Magnesium

Nutrisi ini berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat, irama jantung stabil, otot dan fungsi saraf serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Kalsium

Kalsium penting dalam pembentukan tulang dan gigi, kontraksi dalam otot, membantu penyerapan vitamin B12 (untuk mencegah anemia dan membantu membentuk sel darah merah).

4. Kalium

Nutrisi ini bersama natrium akan berfungsi mengontrol keseimbangan cairan di tubuh, menjaga tekanan darah, fungsi otot dan mengurangi risiko batu ginjal serta osteoporosis.

5. Zinc (seng)

Zinc diperlukan untuk pertumbuhan, fungsi otak, yang memengaruhi respons tingkah laku dan emosi anak.

(sumber:Liputan6)