Pembalap Ini Contek Gaya Balap Jorge Lorenzo

Pebalap anyar MotoGP dari tim Yamaha Tech 3, Jonas Folger, mengaku secara terang-terangan bahwa dirinya mengikuti gaya balap Jorge Lorenzo saat pertama kali menjajal motor.

Juara balap Moto2 ini berkesempatan tampil dengan motor Yamaha di Sirkuit Valencia, sehari pasca MotoGP seri terakhir digelar.

Awalnya, sebagaimana dikutip dari autosport.com, Rabu (3/1/2017), Folger tak memiliki ekspektasi apapun saat pertama kali jajal motor. Namun ternyata, tes resmi menunjukkan bahwa Folger punya hasil yang cukup baik.

Di hari pertama, ia berada di peringkat 16. Namun pada hari kedua naik di posisi 10.

Saat itu, Folger sebetulnya tidak berniat mengikuti gaya berkendara siapapun. “Namun saya punya kesempatan untuk mengikuti Jorge, dan itu sangat menarik,” akunya.

“Saat itu, saya punya lap yang lebih banyak dan dia baru selesai, tapi kami punya catatan waktu yang mirip. Saya bisa melihat perbedaan dari cara dia berkendara. Ia adalah pengendara yang sangat halus. Saya masih butuh belajar itu,” tambahnya.

Menurutnya, mengikuti Lorenzo bukan semata karena persoalan keahlian. Ia juga merasa masih butuh beradaptasi karena baik Moto3 dan Moto2 berbeda dengan MotoGP. Menurutnya, gaya Lorenzo sangat cocok dengan karakter MotoGP.

“Cara Anda menutup throttle dan menyentuh serta melepaskan motor benar-benar berbeda. Kejutan terbesar adalah motor sangat lembut tetapi tenaga dan kecepatannya sangat besar. Jadi butuh lebih sedikit gerakan dibanding Moto2,” terang Folger.

Sumber : liputan6