Pancasila Memudar, Kakek Luncurkan Lagu yang Dibuat 30 Tahun Lalu

Brebes – Menjadi seorang pencipta lagu memang membutuhkan talenta yang unik dan butuh kesabaran. Hanya segelintir orang yang memiliki keinginan menciptakan sebuah karya lagu yang bertema kebangsaan. Banyak musikus bahkan sekelas arranger atau penata musik pun tak mampu membuat sebuah lagu. Kalaupun ada, mereka tak berani memublikasikan sendiri.

Begitu pula yang dialami Agus Imanto (70), pria pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di Brebes, Jawa Tengah. Sejak awal dekade 70-an, ia mulai berkarya menjadi komposer atau penulis lagu amatir bertema kebangsaan. Kendati demikian, selama masa Orde Baru itu, ia tak berani memublikasikan karyanya hingga di awal tahun 2014.

Sebab, sebuah lagu berjudul “Mari Berpancasila dan Berdoa” yang dibuatnya sekitar 30 tahun lalu ini sengaja tidak dipublikasikan ke publik. Ia khawatir akan timbul masalah di kemudian hari.

“Karena menunggu momen yang pas dan saya kira peringatan Hari Musik Nasional pada tanggal 9 Maret inilah waktunya,” ucap Agus Imanto.

Meskipun terlihat sederhana ditulis tangan di secarik kertas, lirik lagu bertema kebangsaan ciptaannya itu bisa menggambarkan maksud kandung dari Pancasila. Yakni, keberagaman suku, budaya, dan keyakinan agama di Indonesia yang harus bersatu jangan terbecah belah dengan tujuan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Lagu ini untuk masyarakat Indonesia di mana pun berdiri di atas Tanah Pertiwi dan di belahan dunia mana pun,” tutur Agus.

“Pesan saya dalam lagu ini agar selalu menjaga persaudaraan satu sama lain sebangsa dan senegara. Jangan sampai terpecah belah dengan alasan apa pun. Karena NKRI harga mati yang tidak bisa ditawar oleh apa pun,” dia menambahkan.

Di sisi lain, alasan lain Agus memberanikan diri untuk datang ke Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Brebes serta meminta memublikasikannya. Pencipta lagu amatir ini prihatin dengan modernisasi dan globalisasi yang menimbulkan dampak baik positif maupun negatif.

sumber : liputan6