Pakai Cara Ini untuk Lindungi Kendaraan dari Aksi Pencurian

Kasus pencurian kendaraan bermotor seakan tidak pernah sepi. Berbagai cara dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab dalam melancarkan aksinya untuk menggondol kendaraan orang lain.

Biasanya modusnya dengan cara mencongkel hingga yang paling menyeramkan mencegat dan mengancam di tengah jalan.

Alarm mobil berbunyi nyaring ketika ada aktivitas tidak lazim memang merupakan standar keamanan mobil. Meski demikian, maling masa kini kerap berhasil mengakali alarm. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa memasang teknologi GPS Tracking.

Ketika bepergian, pilih tempat parkir yang ramai. Hindari juga melalui jalanan sepi saat sudah larut malam. Jika harus memakirkan mobil di jalan yang sepi, jangan tinggalkan barang berharga dan STNK di dalam mobil. Anda bisa rugi duka kali kalau maling berhasil menggondol mobil beserta surat-surat berharganya.

Memakai kunci setir

Jangan lupa gunakan kunci setir meskipun Anda memarkir mobil di tempat yang dikira aman sekalipun. Kunci setir cukup efektif dan membuat maling frustrasi dalam menjebolnya. Ketika sudah tahu mobil incarannya dikunci setir, maling bakal berpikir dua kali untuk beraksi.

Kunci stang ke kanan

Aksi Curanmor (pencurian motor) acapkali terjadi hanya dalam waktu singkat. Pelaku tidak butuh waktu lama untuk membawa kabur motor korban. Bagi Anda pengendara motor, mulai sekarang hilangkan kebiasaan mengunci stang menghadap sebelah kiri. Biasakan untuk mengunci stang dengan menghadap ke sebelah kanan.

Kunci stang ke sebelah kanan ini merupakan fitur Secure Key Shutter yang menyulitkan maling untuk membobol stang motor. Sayangnya saat ini hanya beberapa motor jenis tertentu saja yang bisa dikunci stang dengan menghadap ke sebelah kanan.

Pakai asuransi kendaraan

Terkadang risiko mengenaskan seperti kehilangan mobil atau motor tidak dapat dihindari. Untuk itu, sangat penting untuk melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan. Sehingga apabila Anda harus tertimpa nasib buruk dan harus kehilangan kendaraan, Anda bakal mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi terkait kerugianmu tersebut.

Asuransi kendaraan juga melindungi mobil saat rusak, mengalami kecalakaan tunggal, atau menabrak kendaraan orang lain. Asuransi kendaraan akan mengganti biaya perbaikan dari kendaraan yang Anda tabrak.