Nenek America Resmi Jadi Warga Negara Amerika Serikat

Kegembiraan menyelimuti perasaan perempuan sepuh berusia 99 tahun, America Maria Hernandez. Pasalnya, setelah 28 tahun bermukim di Amerika Serikat (AS) ia baru saja secara resmi diakui sebagai warga Negara Paman Sam.

Seperti dilansir Daily Mail, Kamis (24/11/2016) America yang lahir di Kolombia baru saja menandatangani sertifikat naturalisasi dan mengambil sumpah setianya sebagai warga negara AS.

Dengan dikelilingi oleh anggota keluarganya, America tersenyum dan mengatakan bahwa ia sangat senang.

“Aku tinggal di New York, ibu kota dunia,” ujarnya sembari melambaikan bendera AS berukuran kecil.

America lahir pada Oktober 1917 di Cordoba, Kolombia. Namun ia lebih banyak menghabiskan waktu di Barranquilla. Saat ini, ia memiliki 12 anak, 22 cucu, dan 12 cicit.

Putri tertuanya, Hortensia Martinez (69) mengatakan bahwa ia membawa ibunya ke AS untuk membantunya menjaga anak laki-lakinya. America pun menjejakkan kakinya di Negeri Paman Sam dengan “green card” yang diurus oleh Hortensia yang menikahi seorang pria warga negara AS.

Alih-alih memperbaharui “green card”, America justru menyatakan hasratnya untuk menjadi warga negara AS.

America yang kini berjalan dengan dibantu tongkat senang menonton televisi dan menikmati hari-harinya di pusat aktivitas warga senior. Ia datang ke tempat itu seminggu sekali.

Ketika disinggung apa rahasia panjang umurnya, ia menjawab, “Hidup dengan baik bersama anak-anakku. Mereka semua bekerja. Mereka semua baik.”

Menurut Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS, pada tahun 2015 terdapat 730.000 orang yang menjadi warga negara AS. Sementara 84.000 di antaranya merupakan bermukim di New York.

(sumber:Liputan6)