MotoGP: Kecepatan Vinales Siap Geser Marquez di Podium Juara

Direktur Tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli meyakini kecepatan yang dimiliki Maverick Vinales sudah cukup untuk gusur Marc Marquez dari podium juara di MotoGP 2017. Keyakinan itu makin besar setelah melihat aksi Vinales di tes pramusim MotoGP 2017 di Australia.

Salah satu masalah Vinales selama ini yakni kala balapan di lap-lap akhir. Pembalap asal Spanyol ini kerap kesulitan jaga kecepatan.

Namun berdasarkan hasil di Australia, Vinales mulai bisa memperbaiki itu. Dari tiga hari tes pramusim, Vinales mencatatkan waktu lap tercepat ke-4, pertama dan pertama.

Meregalli menilai dua kali menjadi yang tercepat di tes Sepang dan Australia bukan sebuah kebetulan belaka. Dia yakin, ini waktunya bagi Vinales saingi Marquez.

“Bagaimanapun Vinales sangat cepat. Bagi kami penting untuk melihat bagaimana dia atasi simulasi balapan. Tahun lalu, kami menderita gara-gara ban cepat aus. Tahun ini, Vinales bisa jaga ban,” katanya seperti dikutip crash.

Rossi Terpuruk

Hasil yang didapatkan Vinales pada tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Philip Island 15-17 lalu sangat berbeda dengan yang didapatkan Valentino Rossi. Pembalap senior ini jauh tertinggal dari rekan mudanya itu.

Rossi terpaut 0,921 detik dari Vinales. Rossi bahkan kalah dari catatan waktu Jorge Lorenzo yang sebelumnya terpuruk.

Meregalli mengatakan, catatan buruk Rossi disebabkan oleh kelelahan. Yamaha sempat meminta juara MotoGP 7 kali itu ganti-ganti setelan motor.

“Pada akhirnya dia kelelahan. Dia bilang” saya tak ingin simulasi balapan dan tak ingin mengejar waktu karena lelah,” ujarnya.

Sumber : liputan6