Meski Normal, Kondisi Testis Seperti Ini Ditakuti Pria

Baik pria maupun wanita ternyata masih menyimpan banyak pertanyaan seputar buah zakar atau yang akrab disebut dengan testis.

Salah satunya seperti kulit testis yang mengkerut, lembap, berkeringat dan lainnya yang membuat testis terlihat kurang oke bahkan jorok. Padahal kondisi tersebut sangatlah wajar. Berikut lima kondisi testis yang belum banyak diketahui pria dan wanita dikutip dari Cosmopolitan, Selasa (13/12/16).

1. Testis berkeringat

Lapisan kulit testis yang mengkerut akan menyebabkan udara yang masuk ke bagian tersebut berubah menjadi lembap bahkan berkeringat. Anda tak perlu buru-buru panik saat mengalami kondisi tersebut, hal itu sangatlah normal. Ditambah usai buang air kecil, pria kerap kali memercikkan air tanpa mengelap keseluruhan penis hingga testis yang membuatnya tampak seperti berkeringat.

2. Testis membesar

Dalam keadaan normal testis berada pada ukuran yang kecil dan lembek, tetapi kala buah zakar mendapat rangsangan, mereka akan membesar dua kali lipat. Normalnya selama berhubungan seksual ukuran testis akan membesar, tapi setiap pria memiliki ukuran yang berbeda dan akan mengempis usai bercinta.

3. Testis besar sebelah

Seperti payudara, testis juga memiliki ukuran yang besar sebelah. Biasanya testis sebelah kiri akan lebih besar dan lebih lunak.

4. Testis dapat diputar

Ketika testis diputar atau digerakkan dan menyebabkan rasa sakit, itu normal. Mengapa? Karena saat testis diputar maka sirkulasi darah akan terhambat seketika.

5. Testis membiru

Ketika warna testis berubah menjadi biru, menandakan banyaknya cairan yang menumpuk dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Sumber : liputan6