Menyelami Keindahan Lakasa, Gua Kristal dengan Kolam Biru Memukau dari Buton.

Indonesia cukup banyak memiliki varian gua yang tersebar di banyak kepulauannya. Ada gua yang bisa menghasilkan bunyi hingga dijuluki sebagai Gua Gong, hingga gua yang menjorok ke dalam tanah hingga dibutuhkan tali untuk bisa masuk ke dalamnya dengan selamat. Gua ini bernama Jomblang dan terletak di kawasan Yogyakarta.

Oh ya, selain dua gua unik yang telah disebutkan sebelumnya. Indonesia juga masih memiliki satu gua yang memukau. Di gua ini, kamu bisa menemukan banyak sekali kristal yang tumbuh di sekitaran gua hingga masuk ke dalam kolam air yang sangat jernih berwarna biru. Mari kita ulas tuntas Gua Lakasa yang bisa dijadikan alternatif destinasi menarik ketika mengunjungi Pulau Puton.

Akses Mudah ke Gua Lakasa

Gua Lakasa baru ditemukan pertama kali pada tahun 1999. Orang yang menemukan gua indah ini adalah seorang pria bernama La Kasa. Dari penemuan ini, gua yang terletak di tengah kebun warga ini dinamai Lakasa untuk mengabadikan penemu yang juga membuka mulut gua menjadi cukup lebar dan bisa dimasuki oleh warga.

a1

Akses menuju ke kawasan Gua Lakasa bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan jalan poros searah dengan Pantai Nirwana. Lokasi dari gua ini sekitar 300 meter dari jalan desa yang masih bisa dilalui dengan kendaraan atau kalau kamu ingin sedikit bertualang bisa melakukannya dengan berjalan kaki hingga akhirnya sampai di mulut gua.

 

Keindahan Gua Lakasa yang Memesona

Ada tiga keindahan yang ditawarkan oleh Gua Lakasa saat kamu ke sana. Keindahan pertama yang ditawarkan adalah banyaknya stalaktit dan stalakmit. Hampir di sepanjang isi gua, terdapat endapan kapur yang terbentuk selama ribuan tahun ini. Kalau kamu ke sana jangan sesekali menyentuh atau merusaknya ya. Sekali kamu rusak, dibutuhkan ribuan tahun untuk mengembalikannya.

a2

Keindahan kedua yang ditawarkan oleh Gua Lakasa adalah adanya kristal berwarna putih yang tumbuh perlahan-lahan di dekat kolam. Kristal ini tampak indah kalau dilihat dari kejauhan jika dikenai cahaya dari senter. Terakhir, gua ini juga memiliki kolam pemandian yang segar dan air tidak pernah habis saat musim kemarau tiba.

 

Aktivitas Menarik di Gua Lakasa

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gua Lakasa. Pertama kamu bisa menjelajahi isi gua yang cukup lebar dan memesona. Nikmatilah semua stalaktik stalakmit beserta kristal yang terus tumbuh dana memenuhi gua. Kalau kamu belum puas dengan pemandangan gua yang memukau, coba abadikan dengan jepretan kamera agar keindahannya abadi.

a3

Gerah? Terlalu asyik berkeliling? Menceburlah di kolam yang ada di dalam gua. Setiap hari, puluhan pengunjung bergantian menikmati segarnya pemandian di dalam gua yang menjorok sekitar 100 meter ke dalam tanah ini. Sembari menikmati air yang segar, kamu bisa memandangi kemolekan gua yang dipenuhi aura kemagisan ini.

 

Pengelolaan Gua Lakasa yang Harus Ditingkatkan

Pemerintah setempat sudah mulai mengembangkan Gua Lakasa sebagai destinasi andalan di Baubau. Gua yang awalnya tidak banyak diketahui orang ini mulai naik daun sehingga setiap hari selalu saja ada pengunjung yang datang untuk melihat dan menikmati pesona gua kristal yang tidak ada duanya di Indonesia.

a4

Oh ya, semakin meningkatnya pamor dari Gua Lakasa juga berdampak buruk pada keaslian gua. Tangan-tangan jahil kerap memegangi stalaktit, stalakmit, dan juga kristal yang ada di dalamnya. Jika hal ini terus dibiarkan dan tidak diadakan pengawasan, bukan tidak mungkin gua ini bisa mengalami kerusakan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Gua Lakasa yang terletak di kawasan Kota Baubau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Kalau kamu ada waktu luang, coba datang dan eksplorasi seluruh isi gua yang sangat menarik ini.

 

Sumber : Travelingyuk.com