Menikmati Surga Tersembunyi di Pulau Gangga Sulawesi Utara

Berbicara soal wisata di Sulawesi Utara, maka nama yang sudah langsung tertancap di pikiran adalah Bunaken. Nggak salah memang karena tempat ini begitu terkenal dan luar biasa. Tapi, kali ini kita tepikan Bunaken terlebih dahulu karena ada satu lagi spot serupa yang nggak kalah eksotis dan menawan. Namanya adalah Pulau Gangga.

Dibanding Bunaken, tempat wisata satu ini mungkin nggak lebih terkenal. Tapi, Pulau Gangga sama sekali nggak kalah kece. Di sini kita juga bakal disuguhi surga bawah air yang bikin mata terbelalak saking indahnya. Begitu terjaga dan kaya akan biota laut. Nilai plus lainnya dari Pulau Gangga adalah tempatnya yang nggak seramai Bunaken. Alhasil, kita bisa lebih maksimal menikmati keindahan tempat ini.

Hmm, tempat ini sepertinya menawarkan sesuatu yang sangat menarik ya? Yup, wajib didatangi nih kalau pergi ke Sulawesi Utara. Tapi, sebelum itu, ada baiknya kamu simak beberapa hal soal Pulau Gangga berikut yang pasti bakal membuatmu makin ngebet.

 

Surga yang Tersembunyi di Sulawesi Utara

Potensi wisata laut di Sulawesi Utara ini gede banget. Nggak melulu Bunaken, di sini juga terhampar banyak spot lainnya yang nggak kalah keren. Salah satunya adalah Pulau Gangga yang letaknya ada di timur laut Bunaken. Di sini kita juga bisa menyaksikan keindahan taman bawah air yang nggak kalah eksotis.

011

Selama ini masih belum banyak yang tahu soal tempat ini. Alasannya sih karena Sulawesi Utara sudah ikonik banget dengan Bunaken. Makanya, Pulau Gangga ini pun nggak begitu ramai wisatawannya. Tapi, di satu sisi ini jadi hal bagus karena kita bisa menikmati tempat ini lebih maksimal, dan juga ada rasa bangga karena berhasil menjajaki sebuah tempat indah yang nggak semua orang tahu.

 

Menikmati Spot Diving Gangga yang Menakjubkan

Selain pemandangan pantainya yang berpasir putih beradu dengan pohon kelapa yang melambai, menu utama lainnya dari tempat ini adalah diving alias view bawah airnya. Sama sekali nggak bohong kalau ada yang bilang tempat ini indah luar biasa pemandangan bawah airnya, karena pada kenyataannya memang begitulah adanya.

022

Tempat ini masih begitu asri, sehingga kita bisa sangat terpuaskan dengan pemandangan bawah lautnya. Koral-koral masih terjaga dengan sangat apik dipadu ikan-ikan cantik yang seolah ingin mengajak kita menyusuri dalamnya Pulau Gangga lebih lama dan dalam lagi. Spot diving di sini mungkin nggak seterkenal Bunaken, tapi sama sekali nggak kalah saing dan boleh dikatakan sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di Indonesia.

 

Hal Menarik Lain yang Bisa Dilakukan di Sini

Menu utama Pulau Gangga memang aktivitas diving, tapi bukan berarti di sini kita hanya bisa melakukan hal itu saja. Masih banyak pilihan kegiatan yang bisa kita wujudkan di sini. Mulai dari memancing, berjalan-jalan di pantainya yang super indah, atau mungkin hunting foto di tempat-tempat sekitar yang jarang orang tahu.

033

Nggak hanya sampai situ saja, kita tentu juga bisa mendapatkan matahari tenggelam di sini. Sekilas info, katanya sunset di Pulau Gangga ini luar biasa. Temaramnya cahaya matahari beradu begitu apik dengan sekitar serta pantainya yang luar biasa. Sungguh, yang seperti ini nggak bisa ditukar dengan keindahan apa pun di dunia.

 

Nggak Melulu Tentang Diving

Pulau Gangga ini sendiri cukup besar lho, sehingga memungkinkan untuk ditempati sebagai pemukiman. Dan memang tempat ini sudah ditempati sejak dulu. Lantaran ditempati sebagai pemukiman, tentu kita juga bisa dong menyusuri setiap liku desa Gangga yang ternyata nggak kalah menarik dari spot divingnya.

044

Di sini rata-rata penduduknya bekerja sebagai nelayan. Kehidupan di sini sederhana namun sangat harmonis dan menyenangkan. Kita bisa mampir ke rumah-rumah warga dan melihat kegiatan di sana. Nggak perlu merasa canggung, karena orang-orang di sini begitu ramah. Oh iya, jika merasa perlu menyusuri pulau ini lebih lama, di sini ada penginapan yang bisa kita sewa. Hmm, bakal makin puas ya.

Ada beberapa opsi perahu yang bisa dipilih. Ada taksi speed boat atau speed boat yang disewa sendiri. Biayanya lebih mahal yang kedua ya, tapi dengan naik itu kita bisa pergi sewaktu-waktu. Untuk taksi speed boat kita harus tahu dulu jadwalnya. Speed boat ini akan langsung menuju Pulau Gangga jadi nggak perlu transit lagi. Waktu tempuhnya kurang lebih sekitar 40 menitan.

Gimana? Jangan bilang kalau kamu nggak tertarik untuk mencoba menjejaki tempat ini. Serius lho, Pulau Gangga ini nggak kalah dari Bunaken yang terkenal itu. Dan mumpung masih belum begitu ramai nih, ada baiknya bikin planning lebih awal ke sana.

Sumber : travelingyuk.com