Menhub Jamin Libur Natal dan Tahun Baru di Merak Lancar

Pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2017 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon Banten, dijamin akan berlangsung lancar dan nyaman bagi masyarakat.

“Kami menyimpulkan bahwa kegiatan Natal dan tahun baru telah dipersiapkan dengan baik. Ada penambahan kapasitas lalu lintas pelabuhan dan kapal-kapal juga,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin (12/12/2016).

a memastikan, bongkar muat kapal di Pelabuhan Merak yang menjadi pintu gerbang Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera akan dipercepat, dari 60 menit menjadi 40 menit. Hal itu guna menghindari antrean kendaraan dan penumpang.

“Dari port time biasanya 1 jam kita tingkatkan jadi 40 menit. Loket kita tambah, kita mendukung percepatan angkutan Natal dan tahun baru. Kita juga buka loket di rest area,” tegas dia.

Para pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Merak yang akan masuk ke kampung halaman atau pun berlibur diharapkan berhati-hati selama di perjalanan akan terjadinya cuaca buruk.

“Kami imbau untuk mewaspadai kondisi cuaca karena ini bulan Desember ini relatif hujan dan berangin kencang. Ini biasa menjadi kendala proses bongkar muat dan perjalanan kapal. Tentu PT ASDP sendiri akan berkoordinasi dengan pihak tug boat yang sewaktu-waktu diperlukan jika ada kapal yang sulit sandar,” kata Tommy L Kaunang, GM PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, di tempat yang sama, Senin (12/12/2016).

Berdasarkan data yang dihimpun, guna melayani libur Natal dan tahun baru, Pelabuhan Merak akan mengoperasikan 54 unit kapal dari 58 unit yang tersedia. Sedangkan penumpang yang akan menyeberang diprediksi akan naik tiga persen, dari biasanya 844.988 penumpang menjadi 870.338 orang.

Sementara jumlah kendaraan roda dua diprediksi naik lima persen menjadi 33.966 unit. Kendaraan kecil pun naik lima persen dibandung tahun lalu menjadi 84.704 unit.

Pintu tol gate yang akan dioperasikan totalnya mencapai 22, terdiri dari delapan loket sepeda motor, empat loket reguler, dan empat loket tambahan. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dibuka sebanyak 10 gerbang tol, empat pintu reguler dan enam pintu tol tambahan. Sementara untuk truk dan kendaraan besar akan dibuka empat pintu tol gate pembelian tiket.

Sedangkan bagi penumpang jalan kaki akan dibuka 17 pintu loket tol, delapan loket reguler, delapan loket cadangan, satu loket di Stasiun Kereta Api Merak. Puncak arus mudik dan Natal berlangsung pada 23-24 Desember 2016. Sedangkan libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada tanggal 30 Desember 2016.

Sumber : liputan6