Menelusuri Indahnya Son Doong, Salah Satu Gua Terbesar di Dunia

Gua merupakan salah satu tujuan destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. Bebatuan dan sungai yang indah dapat Anda nikmati ketika berkunjung kedalam gua, salah satu adalah gua Son Doong.

Gua Son Doong di Vietnam merupakan gua terbesar yang ada di dunia, gua ini memiliki luas sebesar 5,5 mil, di dalamnya Anda dapat melihat bebatuan, sungai, air terjun, dan bahkan hutan. Tapi sebelumnya belum banyak yang mengetahui keindahan dari gua ini, pada akhirnya ada yang menemukannya enam tahun yang lalu.

Saat baru pertama kali ditemukan gua ini sudah disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar yang ada di dunia, meskipun ada beberapa gua-gua lain bersaing untuk mendapatkan gelar tersebut. Seperti Mammoth Gave di Brownsville, Amerika dan Gua Krubera di Negara bagian Georgia.

Seorang penduduk setempat memang telah menemukan pintu masuk gua pada tahun 1991, tetapi seseorang asal Inggris pertama kali masuk ke dalam dan akhirnya mengeksplorasi keindahannya pada tahun 2009. Dilansir dari Huffingtonpost, pada Senin (28/11/2016), Perusahaan tur Oxalis telah membuka tur untuk mengunjungi gua ini sejak dua tahun lalu.

Banyak orang beruntung yang telah memasuki Son Doong sejauh ini, seperti fotografer John Spies yang telah berhasil mengekplorasi gua dan muncul dengan beberapa foto yang sangat menakjubkan. Orang yang menemukan Son Doong pertama kali tidak dapat masuk, karena pintu masuk yang ia temukan terlalu curam, dan dia tidak memiliki alat yang cukup untuk melewati itu. Pada saat tur, pengunjung harus turun dengan tali sepanjang 80 meter untuk masuk ke gua Son Doong

Atap gua sempat runtuh yang akhirnya menyebabkan matahari merangsak masuk ke dalam gua dan akhirnya terdapat hutan di dalam gua ini. Para ilmuwan juga menemukan spesies tumbuhan yang tidak pernah dijumpai sebelumnya yang terdapat di sekitar air terjun yang ada di Son Doong.

Sumber : liputan6