Menderita Karena Hidup? Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Bahagia

Kesimpulan yang bisa kita dapatkan dari seluruh kejadian dalam hidup adalah, kebahagiaan. Bahkan orang yang sudah hidup berkecukupan juga menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Tapi bagaimana caranya mendapatkan kebahagiaan? Tidak ada orang yang tahu. Tapi setidaknya 5 hal ini dapat membuat Anda dekat dengan kebahagiaan, seperti dirilis oleh lifehack.org, Sabtu (19/11/2016).

Ingat hal yang membuat Anda gembira
Salah satu cara mudah adalah mengingat hal-hal yang membuat Anda gembira. Mulai dari keluarga, liburan bersama sahabat, atau berkunjung ke tempat-tempat yang terkenal. Hal-hal yang gembira juga mampu menghindari Anda dari rasa tertekan saat menghadapi berbagai masalah.

Fokus menggapai impian
Banyak orang yang akhirnya depresi saat berhenti fokus menggapai impiannya dan membiarkan hal-hal yang tidak penting menguasai pikiran. Menyadari bahwa Anda mampu menggapai impian dan membuat mimpi menjadi nyata, akan membantu tetap bahagia. Para ahli juga menyarankan agar setiap kesuksesan yang sudah diraih selalu dirayakan. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi Anda menyemangati diri untuk selalu bahagia.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang membawa kebahagiaan
Orang-orang yang ada di sekitar kita dapat memengaruhi perasaan secara signifikan. Untuk itu, berusahalah selalu berhubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan kebahagiaan dalam hidup. Jangan biarkan orang-orang yang memiliki pengaruh buruk menghancurkan suasana hati Anda. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berpikiran positif adalah kunci kebahagiaan.

Berikan kebahagiaan pada orang lain
Ketika kita berusaha membuat orang lain bahagia, akan ada efek positif yang akan Anda rasakan. Menurut penelitian dari Universitas Harvard, melakukan sesuatu yang memberikan kebahagiaan pada orang lain seperti mentraktir saat makan, akan memberikan efek positif pada diri sendiri. Cobalah traktir sahabat Anda sambil minum kopi, rasakan suasana hati yang gembira sepanjang hari.

Jangan terlalu serius pada diri sendiri
Manusia memang makhluk yang sering membuat kesalahan. Tapi menyalahkan diri sendiri atas hal buruk yang telah terjadi bukanlah hal yang akan menyelesaikan masalah. Lihatlah hal yang lucu dan tertawa terhadap diri sendiri, sehingga suasana hati yang buruk akan menjadi baik dan mampu memberikan kebahagiaan bagi diri sendiri.