Membiasakan Suporter untuk Menabung Demi Tiket Pertandingan

Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo menjadi awal kiprah BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) di sepak bola nasional. Ternyata, kerjasama tersebut memiliki dampak besar bagi BTPN.

Dengan ambil bagian untuk menjadi sponsor, BTPN juga merasa bisa berperan dalam kemajuan sepak bola nasional. Apalagi, kebijakan tersebut membuat jumlah nasabah BTPN meningkat.

Chief of Marketing BTPN, Luhur Budijarso, pihaknya ingin merangkul suporter klub-klub Indonesia. Tak dapat dipungkiri, keuntungan didapat BTPN ketika terjun ke dalam sepak bola nasional.

“Dari angka terakhir pada November 2016, kami mendapatkan 2,5 juta nasabah baru. Produk kami jadi lebih dikenal lewat kerjasama di sepakbola. Itu yang penting,” ujar Luhur ketika ditemui sebelum pertandingan Persib Bandung kontra PS TNI, Jumat (9/12/2016).

“Mereka ikut setelah adanya program yang kami jalankan selama TSC. Memang, kami ingin merangkul suporter di Indonesia,” katanya.

BPTN Wow merupakan salah satu program untuk memperluas jangkauan melayani pasar publik. Luhur menjelaskan, program ini dapat membuat suporter tak perlu repot-repot menjual barang pribadi demi membeli tiket pertandingan klub kesayangan mereka.

“Nanti para suporter yang merupakan calon nasabah kami, hanya perlu mengisi biodata serta mengumpulkan nomor handphone dan foto diri. Mereka langsung diberi tabungan dengan saldo Rp 10 ribu,” ucapnya.

“Persib Bandung, Arema Cronus, Persija Jakarta, dan Bali United. Mereka punya kelompok suporter yang luar biasa. Dengan koordinasi yang bagus,” bebernya.

Mengenai kelanjutan BTPN terjun dalam sepak bola nasional, Luhur membuka peluang untuk hal itu. Akan tetapi, evaluasi dibutuhkan setelah TSC 2016 selesai bergulir dan BTPN perlu melihat siapa operator untuk Indonesia Super League 2017.

“Ada peluang kerjasama BTPN untuk ISL 2017. Tapi, kami butuh evaluasi dengan PT GTS, selaku operator TSC 2016. Setelah itu, baru menentukan langkah selanjutnya,” jelas Luhur.

Langkah yang dilakukan BTPN pun disambut baik oleh Pembina Viking Persib Club (VPC), Mia Dasmawati. Menurutnya, ini adalah langkah yang baik untuk suporter Indonesia termasuk Bobotoh, julukan suporter Persib Bandung, dalam mendukung timnya.

“Program BPTN Wow memfasilitasi semua kebutuhan bobotoh seperti nonton bareng. Bobotoh juga diberikan tabungan untuk memudahkan pembelian tiket pertandingan,” kata istri mendiang Panglima Viking, Ayi Beutik itu.

Sumber : liputan6